Index Labels

Home » Teknologi» Penyebab Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya, Lengkap!

Penyebab Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya, Lengkap!

. . No comments:
Penyebab Baterai Android Boros - Semua hal memang memiliki sisi negatif dan positifnya, begitu juga dengan OS Android ini. Dibalik fitur-fitur menakjubkan yang ditawarkan, namun masih tetap saja memiliki suatu kekurangan, salah satunya adalah  masalah baterai yang boros.
Baterai Android boros
Baterai Android boros
Dugaan mengenai penyebab borosnya baterai Android, Berikut ini kami sajikan beberapa ulasannya:

1. Selalu online
Karena ponsel Android selalu terhubung dengan konektivitas internet, maka hal ini juga menjadi salah satu penyebab yang membuat ponsel lebih cepat menguras baterai.

Jika Anda ingin meminimalisir penggunaan baterai akibat internet ini, Anda dapat mematikannya dengan cara pengaturan > wireless dan jaringan > jaringan seluler (mobile network) > nonaktifkan data paket.

Hal ini telah terbukti, coba bandingkan dengan ponsel jaman dulu yang dapat terhubung internet saat membuka browser saja.

2. Gaming
Memang banyak game-game Android yang menawarkan grafis menarik dan juga gameplay yang sangat mengasyikkan. Di sisi lain, game-game ini dapat membuat baterai ponsel Android lebih boros dibandingkan dengan ponsel yang tidak menjalankan game.

Hal ini disebabkan karena penggunaan RAM yang lebih banyak untuk bermain game. Apalagi, jika anda menyalakan internet sambil bermain game. Tentu saja, hal ini akan lebih banyak menguras daya baterai. Saya rekomendasikan jika Sobat hanya ingin bermain game saja lebih baik mengaktifkan flight mode. Dengan cara menahan tombol power.

3. Jaringan sinyal
Menurut beberapa artikel yang pernah saya baca. Hal ini juga berpengaruh, karena jika sinyal yang diperoleh oleh ponsel sobat sedikit, Maka Ponsel akan lebih berusaha untuk mendapatkan sinyal yang lebih. Sehingga, pengurasan baterai terjadi karena hal ini.

Selain itu, sinyal yang relatif sedikit dapat membuat koneksi ponsel membutuhkan waktu yang lama untuk terkoneksi internet. Sehingga menguras lebih banyak baterai dibanding dengan ponsel yang memiliki sinyal relatif lebih banyak.

4. Aplikasi background
Penggunaan aplikasi yang berlebihan juga dapat menguras baterai ponsel. Misalkan aplikasi messenger seperti Whatsapp, LINE, K-Talk dll. Aplikasi-aplikasi semacam ini dapat menguras baterai sedikit demi sedikit karena walaupun sudah menutup aplikasi tersebut, aplikasi masih aktif karena service notifikasi dari messenger.

Selain aplikasi messenger ada juga aplikasi yang lain seperti Launcher. Saat Anda menggunakan Launcher, maka launcher tersebut bersifat menjadi aplikasi aktif. Sehingga hal ini menjadikan baterai ponsel menjadi lebih boros. Dibandingkan jika hanya menggunakan Launcher bawaan Samsung Home.

Penulis: Rafiandi Indra Adigana
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.