Index Labels

Home » Blogging» Cara Setting Domain Blogger di Crazydomains

Cara Setting Domain Blogger di Crazydomains

.
Bismillah Assalamu'alaikum,

Memulai posting pertama ini Wongtuban.com akan berbagi sedikit cara bagaimana setting atau mengatur custom TLD domain blogger dengan Registrar Crazydomains. Berawal dari pengalaman pribadi ketika mencari tutorial di internet tentang bagaimana cara mengatur domain blogger TLD dengan Crazydomains, ternyata masih jarang sekali blogger nusantara yang membahas mengenai permasalahan ini, rata - rata mereka lebih banyak mengulas ke registrar lain.

Langkah pertama, silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun Crazydomain Anda yang telah terdaftar sebelumnya, jika sudah kemudian klik menu Domains (gambar dunia), disitu adadua pengaturan utama yaitu Name Server Details dan DNS Service. Pada bagian Name Server Details, digunakan untuk mengarahkan (mempointing) website yang memiliki hosting sendiri dengan domain, Contohnya adalah Wordpress (self host), Joomla, Drupal, dll sesuai petunjuk yang ada. Sedangkan DNS Service adalah bagian pengaturan yang kita perlukan guna mengarahkan domain Blogger yang Anda miliki sehingga menjadi seperti apa yang di harapkan.

Pada bagian DNS Service, klik menu Records, maka akan terlihat records yang sedang aktif, jika masih default hapus semua yang ada. Setelah itu, buatlah A Record baru sesuai petunjuk gambar di bawah ini:
Cara Setting Domain di Blogger
Cara Setting Domain di Blogger
Kemudian klik tombol Create berwarna biru di bagian bawah. Lanjutkan lagi dengan membuat A Record baru seperti petunjuk gambar diatas, namun dengan merubah isi IP Adrresnya, IP Adrress yang harus anda masukkan adalah:

216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

sehingga nantinya akan menjadi empat A Records seperti gambar dibawah:
Empat A Records yang sedang aktif
Empat A Records yang sedang aktif
Langkah selanjutnya masih di halaman yang sama. Pada bagian Record Type, pilihlah CNAME Record, maka halaman baru akan di reload. Pada bagian ini, isilah sesuai petunjuk Blogger, dari Blogger Anda akan menerima dua CNAME Records yang harus Anda masukkan satu persatu.

Buatlah CNAME Record baru, masukkan www pada kolom pertama, kemudian pada kolom Alias for isi dengan ghs.google.com, klok tombol Create. 

Setelah itu buat lagi CNAME yang kedua dan terakhir, pada bagian ini Anda sudah diberikan kode unik yang bisa anda masukkan sesuai petunjuk blogger. Done!, tunggu maksimal dua jam maka custom TLD domain Blogger Anda sudah aktif. Selesai.....
Advertisement:

Advertisement: