Index Labels

Home » Dunia» Unik» Bangun dari Koma, Nenek Ini Fasih Bahasa Inggris

Bangun dari Koma, Nenek Ini Fasih Bahasa Inggris

.
Liu Jieyu, nenek berusia 94 tahun asal Tiongkok ini membuat bingung para dokter yang menanganinya, setelah terbangun dari koma selama dua minggu, ia hanya bisa dan lancar berbicara bahasa Inggris.
Liu Jieyu tidak lagi mampu berbicara bahasa China
Liu Jieyu tidak lagi mampu berbicara bahasa China
Liu Jieyu sebelumnya memang diketahui bekerja sebagai guru bahasa inggris, namun keluarganya bersikeras bahwa ia sudah tidak berbicara dengan bahasa Inggris selama lebih dari 30 tahun. Hal itu tentu sangat mengejutkan karena pada saat terbangun dari koma, rupanya ia telah kehilangan kemampuan untuk berbicara bahasa aslinya dan hanya mampu berbicara dalam bahasa inggris.

Menurut keterangan dari petugas rumah sakit di Changsa, Tiongkok, awalnya ia terbangun dan berbicara dengan cukup jelas dalam logat bahasa inggris yang sempurna, ia bertanya: “Where am i? What is happening?”

 Dokter menemukan bahwa ia tidak lagi bisa berbicara dengan bahasa China.

Liu menderita penyakit cerebral infraction (gangguan otak), semacam penyakit stroke dimana pasokan darah ke otak terbatas akibat penyumbatan, dua pekan lalu.

Dr Taou Hou mengatakan: “Saya belum pernah menangani kasus seperti ini sebelumnya, tapi kami telah mengantisipasinya dengan  rehabilitasi dan istirahat yang tepat, dia mampu kembali berbicara bahasa China.

“kami berasumsi bahwa daerah otak yang mengatur kemampuannya berbicara bahasa China telah rusak, namun sel – sel otak memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri sampai batas tertentu.”



Mirror (03/022015)
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga