Index Labels

Home » Sains» Unik» Fakta Ajaib dan Menakjubkan Tentang Tubuh Manusia yang Patut Anda Ketahui

Fakta Ajaib dan Menakjubkan Tentang Tubuh Manusia yang Patut Anda Ketahui

.
Fakta Menakjubak dan Ajaib Tentang Tubuh Manusia ~ Tanpa kita sadari tubuh manusia sebenarnya adalah satu sistem luar biasa unik dan sangat menakjubkan yang telah diciptakan oleh Tuhan dengan segala kerumitannya. Salah satu fakta menakjubkan tersebut  disebutkan bahwa jika seorang wanita sedang hamil dan mengalami kerusakan organ tubuh (seperti serangan jantung atau gagal ginjal), maka janin akan mengirimkan sel ke induk untuk memperbaiki organ yang rusak.
Keajaiban tubuh manusia
Keajaiban tubuh manusia
Berikut fakta – fakta ajaib dan menakjubkan tentang tubuh manusia selengkapnya dan temukan hal – hal unik yang mungkin belum pernah Anda tahu sebelumnya

1. Hidung manusia mampu mengingat sekitar 50.000 aroma yang berbeda

Meskipun indra penciuman manusia tidak akan pernah se- sensitif miliknya kucing atau anjing, hidung manusia masih mampu mengingat sekitar 50.000 aroma yang berbeda. Inilah sebabnya mengapa bau memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari - hari. Kita bisa mengetahui jenis makanan tertentu hanya dengan mencium aromanya saja.

2. Orang yang memiliki jumlah bulu di tubuh lebih banyak mungkin memiliki kecerdasan yang lebih tinggi

Dalam sebuah penelitian dari 117 anggota Mensa (kelompok orang yang memiliki IQ paling sedikit 140), ditemukan bahwa mayoritas mereka memiliki rambut tubuh yang lebih tebal. Paling dominan berada di dada dan yang paling cerdas berada di punggung.

3. Jari – jari manusia mampu mendeteksi kerutan sekecil 13 nanometer

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan di Swedia mengungkapkan bahwa manusia mampu mendeteksi kerutan skala nano (super kecil) pada suatu permukaan halus hingga sekecil 13 nanometer dengan jari - jari mereka. Dalam sebuah perspektif, jika jari Anda berukuran sebesar bumi, maka Anda bisa merasakan perbedaan antara mobil dan rumah.

4. Jika bumi itu datar dan sangat gelap, mata manusia mampu melihat cahaya lilin hingga radius 48 km

Mata manusia melihat cahaya dalam bentuk foton yang diserap melalui retina. Mengacu pada fakta tersebut, para ilmuan (pada tahun 1941) telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa baik berdiri di puncak gunung atau jika bumi itu datar, dalam kegelapan mata manusia mampu melihat kerdipan cahaya lilin hingga 48 km (30 mil)  jauhnya.

5. Kita adalah Bioluminesensi

Pernahkah Anda memiliki angan – angan mampu bercahaya dalam kegelapan? Secara teknis sebenarnya kita telah melakukannya, meskipun cahaya yang dipancarkan oleh tubuh adalah 1000 kali lebih lemah dari kemampuan mata kita untuk melihat.

6. Jika seorang ibu hamil dan mengalami kerusakan organ, maka janin akan mengirimkan sel induk untuk memperbaiki organ yang rusak

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Hina Chaundhry of the Mount Sinai School of Medicine di New York City, ditemukan bahwa ketika tikus betina hamil dan menderita penyakit jantung, sel – sel dari janin ternyata ditemukan berada pada jantung si induk. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa sel – sel dari janin pada ibu hamil juga berada pada organ – organ yang rusak seperti otak, hati, ginjal dan paru – paru.

7. Satu ons tulang manusia lebih kuat dari baja

Tulang manusia lebih kuat dari beton dan baja ketika diukur dalam takaran ons. Satu inchi kubik tulang manusia secara teknis mampu menahan beban sekitar 8.626 kg lebih kuat daripada baja. Berat tersebut setara dengan lima truk pikup sekaligus.

8. Mata manusia mampu membedakan sekitar 10 juta warna yang berbeda

Mungkin diantara satu orang dan lainnya memiliki sedikit perbedaan persepsi warna (bahkan antara dua mata kita sendiri). Diperkirakan bahwa manusia dapat membedakan antara sekitar 10 juta warna yang berbeda.

9. Jantung Anda dapat meniru dan berubah seiring musik yang anda dengarkan

Penelitian baru – baru ini menunjukkan bahwa pembuluh darah, tekanan darah, denyut jantung dan pernafasan semuanya merespon secara proporsional terhadap irama musik yang kita dengarkan.

10. Tidak pernah telat untuk belajar karena otak kita terus berkembang hingga usia akhir 40-an

Meskipun diyakini bahwa otak kita berhenti berkembang sejak usia dini, namun scan otak baru – baru ini menunjukkan bahwa korteks prefrontal kita (bagian otak yang bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan, interaksi sosial dan sejumlah ciri – ciri kepribadian lainnya) terus berubah bentuk sampai usia orang tersebut menginjak 30-an dan 40-an.

11. Manusia ternyata adalah pelari yang hebat, mengalahkan kuda dan yang lainnya

Meskipun mudah untuk mengatakan bahwa beberapa hewan seperti citah, antelop atau kuda adalah pelari yang handal, namun mereka sebenarnya dibuat hanya untuk kecepatan daripada daya tahan. Manusia adalah satu – satunya makhluk di planet ini yang secara sukarela mampu berjalan dengan jarak yang sangat jauh, dan mungkin untuk alasan yang baik nenek moyang kita sejak dulu telah mengandalkan kemampuan ini untuk bertahan hidup.

Mengetahui fakta - fakta diatas, sudah sepatutnya bagi kita sebagai manusia agar bisa  selalu bersyukur atas segala karunia dan nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Esa. Tuhan membekali kita kemampuan - kemampuan tersebut agar kita semua menjadi khalifah yang baik dan selalu beriman kepada-NYA.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga