Index Labels

Home » Sains» Unik» Video» 10 Fakta Luar biasa Tentang Lautan

10 Fakta Luar biasa Tentang Lautan

.
Thalassophobia adalah istilah untuk orang – orang yang memiliki fobia terhadap laut atau suatu tempat yang terdapat air sangat luas. Sementara, lautan juga menjadi tempat hidupnya beberapa makhluk mengerikan yang pernah ada, dan mengandung banyak keajaiban lain yang sebagian besar belum tereksplorasi sepenuhnya. Berikut ini adalah sebagian  fakta – fakta luar biasa tentang lautan yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Sebagian besar oksigen di bumi berasal dari laut
Fitoplankton terlihat dari angkasa
Fitoplankton terlihat dari angkasa (Gambar)
Oksigen yang ada di bumi sebagian besar berasal dari organisme kecil yang hidup di lautan atau biasa disebut ‘fitoplankton’. Menurut para ilmuan, dalam setiap nafas yang kita ambil berasal dari oksigen yang dihasilkan oleh tanaman laut. Sebagian besar berasal dari Fotosintesis organisme mikroskopis yang disebut fitoplankton.

2. Lautan itu sangat dalam, gelap dan misterius
Laut adalah tempat mengerikan
Laut adalah tempat mengerikan (gambar)
Laut adalah sebuah tempat misterius penuh keajaiban – keajaiban yang belum ditemukan. Dalam sebuah studi yang dilaksanakan pada tahun 2011, National Geographic  berspekulasi  bahwa 86% spesies yang ada di dunia ini belum diklasifikasikan. Diperkirakan planet ini di huni 8,7 juta spesies yang sebagian besar belum teridentifikasi.

3. Manusia baru bisa mengeksplorasi 5% lautan
Laut tempat yang sangat luas
Laut tempat yang sangat luas (Gambar)
Kenyataannya, kita baru mengeksplorasi 5% – 7% dasar laut dan tidak lebih 1% dari lautan itu sendiri. Hanya sekitar 5% dari dasar laut yang telah dipetakan sampai batas tertentu. Dengan 70% permukaan bumi yang ditutupi lautan, ini berarti 65% dari wilayah bumi belum dieksplorasi.

4. Cumi – cumi yang awalnya dianggap mitos, ternyata baru terlihat pada tahun 2011



Cumi – cumi raksasa yang termasuk keluarga dari Architeuthidae adalah makhluk yang menghuni dasar lautan paling dalam. Mereka bisa tumbuh hingga mencapai 13 meter untuk jenis kelamin betina dan 10 meter untuk jenis kelamin jantan. Peneliti Jepang mengambil gambar cumi – cumi raksasa tersebut pertama kalinya pada tahun. Pada Juli 2012, cumi – cumi berukuran dewasa berhasil direkam menggunakan kamera video untuk pertama kalinya di Chichi-Jima

5. Laut memiliki lembah, pegunungan dan gunung berapi lebih besar dari Gunug Everest
Mt. Everest
Mt. Everest (Foto )
Jika mengukur tingginya puncak gunung dengan level diatas permukaan laut, maka Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia, mencapai 8,850 meter. Namun, bila diukur dari dasar luasnya Samudera pasifik ini, sebuah gunung dengan nama Mauna Kea adalah yang paling tinggi di dunia, ketinggiannya mencapai 10,210 meter di dasar laut.

6. Berenang di lautan terbuka adalah pengalaman yang sangat berbeda dibanding berenang di pantai
Berenang di lautan terbuka
Berenang di lautan terbuka (gambar)
Jika Anda pernah berenang di pantai dan bersorak ria bersama keluarga atau teman – teman. Berenang di laut terbuka adalah sebuah pengalaman yang cukup mengerikan. Meskipun sepertinya Anda tidak melihat apapun, ada makhluk aneh berada bawah laut yang bisa melihat  Anda dengan jelas.

7. Lautan di bumi mengandung hampir 20 juta ton emas
Penemuan emas di dasar laut
Penemuan emas di dasar laut (Foto)
Para ilmuan telah menemukan bahwa ada sekitar 20 juta ton emas yang ada di laut ini. Bukan perkara yang mudah untuk memiliki semua itu, karena letaknya yang berada jauh di bawah laut dan terbungkus dalam batu. Air laut juga mengandung emas meskipun rata – rata hanya 13/1000000000 gram emas dari satu liter air laut.

8. Film “Alien” terinspirasi oleh seekor parasit yang hidup di dasar laut
Phronima
Phronima (Foto )
Seekor parasit yang memiliki fisik transparan memakan mangsanya dari dalam ke luar dan kemudian mengambil alih tubuh mereka.

Parasit yang disebut”Phronima” ini berada dibalik kesuksesan film yang terkenal pada tahun 1979, Alien. Makhluk – makhluk kecil ini dapat ditemukan di seluruh lautan di dunia meskipun mereka tidak menyukai air dingin dari daerah kutub.

9. Ada satu daerah di lautan yang dikenal dengan “White Shark Cafe”
White Shark Cafe
White Shark Cafe (Sumber foto)
“White Shark Cafe” adalah sebuah area terdalam Samudera pasifik  dimana hiu putih besar berkumpul. Para ilmuan tidak yakin persis mengapa hiu – hiu tersebut melakukan hal itu, diperkirakan mungkin mereka sedang berburu makanan atau kawin.

10. Pegunungan terpanjang adalah Mid-Ocean Ridge yang berada di dasar laut
Mid-Ocean Ridge
Mid-Ocean Ridge (Sumber foto)
Mid-Ocean Ridge adalah pegunugan di dasar laut terbesar dan terpanjang yang membentang hingga mencapai 40,000 mil. Empat kali lebih panjang dari pegunungan Himalaya, Andes dan Rocky yang digabungkan.

Advertisement:

Advertisement: