Index Labels

Home » Kesehatan» 5 Kegunaan Lain Smartphone Sebagai Alat Bantu Kesehatan

5 Kegunaan Lain Smartphone Sebagai Alat Bantu Kesehatan

. . No comments:
Di era modern saat ini, kehidupan manusia sepertinya tidak lepas dari yang namanya smartphone. Banyak aktifitas sehari – hari yang dulunya hanya dapat dilakukan secara konvensional, kini bisa dilakukan secara realtime dan cepat melalui perangkat smartphone.  Berkat berbagai aplikasi pintar dan perangkat medis yang terhubung, kita bahkan bisa menggunakan smartphone sebagai alat bantu untuk mendeteksi dan mengukur kesehatan kita sehari – hari.

Berikut adalah 5 kegunaan lain perangkat smartphone sebagai alat bantu dalam mengontrol kesehatan kita sehari – hari :

1.Mendeteksi Penyakit Parkinson
  Smartphone untuk mendeteksi penyakit Parkinson
Smartphone untuk mendeteksi penyakit Parkinson. Image Credit
Mpower adalah sebuah aplikasi yang membantu mendeteksi serta melacak gejala – gejala penyakit Parkinson. Dengan berbicara di telepon, aplikasi ini dapat menganalisa pola suara untuk mendeteksi penyakit degeneratif. Sekitar 70% – 90% penderita mengalami penurunan vokal setelah mengalami gejala penyakit tersebut. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur finger tapping dan permainan memori untuk memantau perkembangan penyakit.

2. Mengetes Gejala HIV

Dengan menggabungkan sebuah smartphone dan perangkat dongel tes darah mini, alat ini bisa mendiagnosis penyakit HIV dan sifilis. Perangkat dongel ini tidak memerlukan tenaga listrik dari luar karena sudah mengambil daya dari smartphone yang terhubung. Alat ini dirancang untuk digunakan di negara – negara berkembang dengan harga sekitar $34.

3. Mendeteksi Kanker Kulit
Smartphone untuk mendeteksi kanker kulit
Smartphone untuk mendeteksi kanker kulit. Image Credit
Doctor Mole dan SkinVision adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mendeteksi kanker kulit dengan cara mengambil foto pada kulit. Kemudian dari hasil foto tersebut dianalisis simetrinya, regularitas batas dan warna untuk melihat jika ada perubahan yang mencolok. Aplikasi ini akan memberi tanda jika ditemukan ada perubahan pada kulit atau ada tahi lalat tertentu yang dicurigai sebagai gejala kanker kulit agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

4. Memprediksi Serangan Jantung dan Stroke
Smartphone untuk memprediksi gejala stroke dan jantung
Smartphone untuk memprediksi gejala stroke dan jantung. Image Credit
AliveCor telah meluncurkan sebuah casing smartphone yang berfungsi ganda sebagai electrocardiogram (EGC), sehingga bisa digunakan untuk melacak aktifitas jantung  anda melalui jari tangan. Pengguna meletakkan jari – jarinya pada casing dan impuls listrik diubah menjadi sinyal ultrasound. Dari sinyal tersebut kemudian ditransmisikan ke microphon pada telepon, kemudian algoritma dapat menganalisa pola jantung dan mengidentifikasi jika Anda berada pada resiko stroke atau serangan jantung. Bahkan sebelum Anda memiliki tanda - tanda gejala apapun.

5. Menganalisa Kanker mata pada anak
Smartphone untuk mendeteksi kanker mata anak
Smartphone untuk mendeteksi kanker mata anak. Image Credit
Retinoblastoma adalah kanker mata agresif yang mematikan, terutama banyak dialami oleh usia anak – anak. Kanker ini bisa tumbuh dengan cepat, namun bisa dicegah dan diobati jika kita bisa mendeteksinya lebih dini.

Sebelum memeriksakan langsung ke dokter, kita bisa mendeteksinya dengan menggunkan kamera pada smartphone. Yang perlu dilakukan adalah Anda cukup mengambil foto mata anak dengan menggunakan flash. Jika salah satu pupil mata tampak putih, atau seperti mata kucing yang memantulkan cahaya. Maka hal itu bisa menjadi indikator anakn Anda memiliki penyakit kanker mata. Jika dilakukan beberapa kali pemrotetan dan hasilnya tetap sama, maka jalan terbaik selanjutnya adalah pergi ke dokter untuk memerikasaknnya lebih lanjut.

Advertisement:

Advertisement:

Komentar Anda masuk "Moderasi Admin" sebelum ditampilkan...