Index Labels

Home » Kesehatan» Susah Tidur? Sembuhkan dengan 3 Pose Yoga Ini

Susah Tidur? Sembuhkan dengan 3 Pose Yoga Ini

. . No comments:
Gangguan susah tidur  (Insomnia) biasanya banyak dialami oleh orang – orang usia dewasa, namun tidak menutup kemungkinan dialami juga oleh anak - anak. Ada dua penyebab utama seseorang bisa terkena Insomnia, yaitu akibat  adanya suatu penyakit atau akibat dari gangguan psikologis seperti stress, depresi, pola makan yang buruk, dll sehingga mengganggu kualitas tidur seseorang.

Apabila tidak segera ditangani, Insomnia dapat berdampak sangat buruk terhadap kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, depresi (hingga menjadi gila), dan gangguan – gangguan kronis lainnya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan melakukan senam yoga, yang diyakini oleh banyak orang cukup ampuh dalam menyembuhkan masalah gangguan tidur.

Tiga pose yoga ini akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik, yang bermanfaat dalam membantu memerangi stress  dan secara signifikan juga akan meningkatkan kualitas tidur Anda serta mengontrol pola pernafasan menjadi lebih teratur.

Untuk memulai latihan ini, yang perlu Anda persiapkan sebelumnya adalah sebuah bantal, bantal digunakan untuk menyangga tubuh pada saat melakukan yoga. Sebelum memulai, berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa secara ikhlas agar diberi kesembuhan. Ambil nafas dan buang nafas secara perlahan dan teratur sebanyak 10 kali.

1. Kaki dijulurkan keatas pada dinding (Viparita Karani)
Mulailah dengan memejamkan mata dan Berbaringlah diatas bantal, angkat kaki Anda keatas menopang pada dinding, sehingga tumit dan lutut memiliki kedudukan yang sama. Bentangkan tangan Anda disamping tubuh, dengan posisi telapak tangan menghadap keatas (lihat gambar). Kemudian bernafaslah secara perlahan dan mendalam.
Posisi Yoga Viparita Karani
Posisi Yoga Viparita Karani
Posisi seperti ini akan memperbaharui Energi positif dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Pertahankan posisi ini setidaknya 2 – 3 menit. Untuk mengakhiri, perlahan – lahan tekuk lutut Anda dan pindahkan keduanya ke satu sisi, kiri atau kanan. Latihan ini sangat berguna dan hasilnya bisa Anda rasakan langsung.


2. Menghubungkan kedua telapak kaki (Supta Baddha Konasana)
Posisi Yoga Supta Baddha Konasana
Posisi Yoga Supta Baddha Konasana
Berbaringlah di atas bantal. Hubungkan kedua telapak kaki bersama – sama dengan menekuk lutut ke arah sisi yang berbeda. Rentangkan lengan Anda di samping tubuh (lihat gambar). Pertahankan posisi ini setidaknya selama 3 menit. Dan jangan lupa untuk mengatur pola pernafasan seperti sebelumnya.


3. Posisi Membujur (Savasana)
Ini adalah posisi yoga terakhir yang perlu Anda lakukan. Tetap dalam posisi berbaring telentang, tangan diletakkan disamping tubuh mengarah keatas – bawah dan telapak tangan menghadap ke atas (namun tidak bersetuhan dengan tubuh).
Posisi Yoga Savasana
Posisi Yoga Savasana
Bernafaslah secara rileks dan mendalam, fokus pada irama pernafasan dan biarkan pikiran Anda melayang secara natural (ikuti saja kemana arah pikiran pergi). Pertahankan posisi ini setidaknya selama 3 – 5 menit.

Setelah selesai melakukan ketiga pose yoga diatas, jangan lupa untuk menyingkirkan bantal yang digunakan sebagai penyangga tubuh sebelumnya. Anda kini sudah dapat tidur dengan nyenyak, diselimuti mimpi – mimpi yang indah. Amin....

Advertisement:

Advertisement:

Komentar Anda masuk "Moderasi Admin" sebelum ditampilkan...