Index Labels

Home » Lainnya» Unik» 13 Fakta Menyedihkan Tentang Perang Dunia II

13 Fakta Menyedihkan Tentang Perang Dunia II

.
Perang Dunia II adalah salah satu peristiwa paling dahsyat dalam sejarah umat manusia. Dimana hampir seluruh penduduk bumi yang tidak tahu apa – apa, ikut merasakan dampak dari perang kekuasaan antar Negara ini. Hal itu mengubah dunia dengan berbagai kemajuan teknologi, termasuk aplikasi senjata nuklir yang mulai digunakan pada waktu itu. Namun tidak semua fakta tentang Perang Dunia II diketahui semua orang, dan berikut kami kumpulkan beberapa diantaranya:

1. Sekitar 3% dari populasi dunia tewas dalam Perang Dunia II
Grafik total kematian akibat PD II
Grafik total kematian akibat PD II (image source) 
Pada era Perang Dunia II, dilaporkan total korban tewas mencapai lebih dari 60 juta orang. Jumlah tersebut diperkirakan 2% dari total populasi dunia pada tahun 1939 (sekitar  2 miliar jiwa). Angka tersebut merupakan jumlah korban tewas akibat konflik militer terbesar dalam sejarah umat manusia. Jika kematian karena penyakit dan kelaparan akibat perang diperhitungkan, maka jumlahnya mencapai 80 juta jiwa.

2. 80% laki – laki yang lahir di Soviet tewas selama Perang Dunia II
Tentara Soviet yang tewas dibantai
Tentara Soviet yang tewas dibantai (Image source)
Selama Perang Dunia II, Jerman mulai menginvasi Uni Soviet pada tahun 1941. Banyak laki – laki yang kemudian dibunuh atau diculik untuk dijadikan sebagai tahanan dan kemudian dianiaya oleh kelompok Nazi. Setelah Perang Dunia II selesai, hanya 1.100 laki – laki tersisa hidup dari 3.400 laki – laki yang lahir pada tahun 1923 di Soviet.

3. Semua binatang berbisa di kebun binatang London dibunuh
Ular Phyton yang hendak diawetkan (image source)
Pecahnya Perang Dunia II pada 3 September 1939, mengharuskan London Zoo membunuh semua binatang berbisa yang ada di kebun binatang. Hal ini dilakukan untuk menghindari korban tewas akibat gigitan hewan karena melarikan diri dari area kebun binatang, jika sewaktu – waktu dibom. Semua hewan beracun dibunuh, kecuali komodo dan buaya China diselamatkan. Untuk mengenang peristiwa tersebut, dua ular python besar, sepanjang 8,5 meter dan 7,6 meter diawetkan dalam kotak kayu besar di London.

4. Operasi Barbarosa Jerman menyebabkan pembunuhan masal 5,5 juta tahanan Soviet pada tahun 1941 – 1942
Operasi Barbarosa
Operasi Barbarosa (Image source)
Operasi Barbarosa merupakan bagian dari rencana Hitler, dimana dalam rentang waktu delapan bulan, Nazi telah membunuh 2,8 juta tahanan Soviet. Nazi membunuh para tahanan dengan sangat kejam, seperti membiarkannya kelaparan hingga tewas, menyemprotkan gas beracun, dan membakar mereka hidup – hidup.

5. Moscow direncanakan akan dirubah menjadi danau oleh Hitler
Adolf Hitler
Adolf Hitler (Image source)
Saat menyerang rusia, Hitler memutuskan memilih Moscow sebagai ibukota pemerintahan selama tahun 1941. Dia ingin meratakan Moscow dengan membunuh 4 juta penduduknya, dan berencana membangun sebuah danau besar diatasnya.

6. China dibom dengan kutu yang sudah terinfeksi wabah pes oleh Jepang
Wabah penyakit pes di China
Wabah penyakit pes di China (Image source: CDC)
Laporan terbaru dari seorang doctor di pengadilan Tokyo mengungkapkan bahwa selama Perang Dunia II, salah satu kota di China dibom dengan kutu  terinfeksi wabah pes yang dibawa oleh militer Jepang.  Hal ini kemudian menjadi wabah penyakit serius di China. Selama akhir tahun 1940, sebanyak 109 orang di kota Ningbo dilaporkan tewas akibat wabah ini, menurut ahli bakteriologi Huang Ketai.

7. 2 juta perempuan Jerman berusia 13 – 70 tahun diperkosa oleh “Tentara Merah”

Pada tahap Perang Dunia II selanjutnya, Jerman berada diambang keruntuhan dan pasukan sekutu telah berhasil menduduki wilayah Jerman. Selama periode ini, perkosaan masal terjadi di Jerman, yang kebanyakan oleh prajurit Soviet. Jumlah kasus perkosaan diperkirakan mencapai lebih dari 2 juta korban jiwa.

Fakta Selanjutnya >>

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga