Index Labels

Home » Dunia» Kesehatan» Resep Panjang Umur, Rahasia Orang Jepang Jarang yang Gemuk dan Awet Muda

Resep Panjang Umur, Rahasia Orang Jepang Jarang yang Gemuk dan Awet Muda

.
Tahukah anda, penyakit jantung dan kanker lebih jarang ditemukan di Jepang dibandingkan negara – negara lain di seluruh dunia. Faktanya adalah rata – rata orang  Jepang memiliki harapan hidup paling lama di dunia. Hal ini lalu menarik perhatian para ilmuan untuk meneliti lebih jauh rahasia apa yang membuat mereka selalu terlihat awet muda dan panjang umur.
Gadis - gadis Jepang (Foto)
Orang Jepang mengatakan bahwa kunci utamanya terdiri dari kebiasaan – kebiasaan sehat yang harus selalu dijalani jika ingin memperoleh usia hingga 100 tahun atau lebih. Adapaun kebiasaan tersebut diantaranya:

Tidak makan terlalu kenyang
Salah satu pulau Jepang, Okinawa, memiliki jumlah terbanyak orang – orang yang berumur 100 tahun. Rahasianya adalah masyarakat di Okinawa selalu menjaga kebiasaan agar makan tidak terlalu kenyang, atau sekitar 80% sebelum merasa kenyang.

Jadi untuk anda, cobalah untuk berhenti makan ketika perut sudah merasa cukup kenyang dan jangan sampai terlalu kenyang. Dengan begitu, anda juga telah mempertahankan bentuk tubuh agar selalu terjaga dan sehat setiap saat.

 Lupakan tentang hidangan penutup (Pencuci mulut)
Selesai makan, orang Jepang selalu mengakhirinya dengan minum teh hijau alami. Tidak seperti kebanyakan orang yang malah ngemil makanan lainnya, misalnya permen. Dengan mengurangi konsumsi manis – manisan, Anda telah terlindungi dari kemungkinan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Cobalah makanan Sushi
Makanan ini merupakan sumber penting dari asam lemak omega 3, yang sangat diperlukan untuk fungsi otak dan kesehatan jantung kita. Orang – orang Jepang makan antara 80 hingga 100 gram ikan per hari, dan mereka juga menyarankan jumlah yang sama untuk semua orang.
Para ahli mengklaim, mengonsumsi ikan secara rutin adalah alasan mengapa orang Jepang jarang mengalami masalah penyakit jantung dan kolesterol.

Bergerak (Olahraga)
Orang Jepang mengatakan bahwa jika anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk berjalan dibandingkan hanya duduk – duduk , kesehatan tubuh akan semakin meningkat. Para ahli mengatakan bahwa dua jam mendaki dalam sehari akan memperpanjang hidup hingga 7 tahun ke depan.

Jangan hindari bakteri “baik”
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bakteri – bakteri baik ini mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga 80%.

Di negara Jepang, orang sering makan buah – buahan yang difermentasi, hal ini akan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam perut.

Pemeriksaan rutin
Yang terakhir, orang Jepang mengatakan bahwa selain menjalani kebiasaan – kebiasaan sehat, pemeriksaan ke dokter  juga harus dilakukan setahun sekali.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga