Index Labels

Home » Kesehatan» Cara Buat Sendiri Obat Anti Nyamuk dengan Bahan Alami

Cara Buat Sendiri Obat Anti Nyamuk dengan Bahan Alami

.
Nyamuk adalah jenis serangga penghisap darah yang paling banyak ditemui di kawasan tropis, salah satunya adalah Indonesia sendiri. Mereka banyak sekali berkeliaran untuk mencari mangsa terutama disaat musim penghujan. Nyamuk berkembang biak di tempat – tempat yang  mengandung air, seperti misalnya bak mandi, tanah genangan air, botol/gelas pecah yang mengandung air, dan lain – lain. Selain menjengkelkan, gigitan nyamuk juga dapat menularkan beberapa penyakit berbahaya, seperti demam berdarah dan penyakit kuning.
Percobaan lotion anti nyamuk
Percobaan penggunaan lotion anti nyamuk (Image: Health Digezt)
Semua orang, tidak peduli siapapun anda akan melepaskan zat yang bernama nonanal. Nonanal adalah sejenis zat yang dikeluarkan dari tubuh manusia dengan aroma tertentu yang mengundang perhatian nyamuk. Itulah sebabnya kenapa terkadang ada satu orang yang cenderung lebih disukai nyamuk dibandingkan dengan orang – orang lain yang berada di sebelahnya.

Tindakan pencegahan tetap harus dilakukan, selain menggunakan obat anti nyamuk siap pakai yang bisa dibeli dari toko – toko, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan – bahan yang mudah didapat namun memiliki efek ampuh dalam mengusir nyamuk, tidak kalah dengan produk – produk yang anda beli di toko.

Bahan – bahan yang perlu disiapkan:
  1. ½ liter alcohol
  2. 100 gram bawang putih segar
  3. 100 ml minyak bayi (bisa juga digantikan dengan minyak badam, kamomil, lavender, atau adas)
Petunjuk Penggunaan:
Tuangkan alcohol ke dalam mangkuk, tambahkan bawang putih ke dalam mangkuk dan biarkan campuran tersebut selama 5 hari. Aduk setiap pagi dan sore. Setelah 5 hari, tambahkanlah baby oil ke dalam mangkuk yang berisi alcohol dan bawang putih tadi, kemudian aduk beberapa kali sampai campuran terlihat menyatu.

Tahap terakhir, tuang campuran ke dalam botol yang sudah anda persiapkan. Botol apapun, yang penting bersih dan higienis.
Obat anti nyamuk buatan anda sendiri siap digunakan, caranya cukup oleskan secara merata pada bagian tubuh yang sering menjadi sasaran nyamuk, biasanya tangan dan kaki. Semoga bermanfaat….

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga