Index Labels

Home » Kesehatan» Cara Mengetahui Telur yang Sehat dan Organik

Cara Mengetahui Telur yang Sehat dan Organik

.
Pernahkah anda bertanya – tanya, bagaimana cara mengetahui telur yang sehat dan telur yang tidak sehat?. Mendapatkan telur yang sehat dan organic bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika anda membelinya dari pasar – pasar local. Semua pedagang tentu akan mengatakan bahwa telur yang dijualnya  adalah yang terbaik dan yang paling sehat, tapi bagaimana kita mengetahui jika telur tersebut memang benar – benar sehat?
Perbedaan warna kuning telur
Perbedaan warna kuning telur (image source)
Caranya cukup sederhana, anda hanya perlu melihat dari warna kuning telurnya. Jika warnanya kuning cerah atau kuning saja, itu berarti ayam yang menelurkan telur tersebut telah mengonsumsi makanan yang tidak sehat  dan berada di tempat yang kurang sinar matahari. Jika kuning telur berwarna oranye, berarti ayam tersebut mengonsumsi makanan sehat dan berada di lingkungan yang lebih banyak terkena sinar matahari. Kuning telur yang berwarna oranye lebih sehat untuk dikonsumsi daripada yang berwarna kuning biasa.

Ada berbagai jenis telur yang dijual di pasaran, diantaranya telur biasa, telur organic, telur ayam kampung, dan telur omega 3. Telur biasa adalah telur yang banyak di jual orang – orang di supermarket atau swalayan. Telur organic adalah telur yang dihasilkan dari di pelihara di sebuah tempat dan diberi makan – makanan organic. Telur ayam kampung adalah telur dari ayam yang dibiarkan berkeliaran bebas mencari makanannya sendiri. Sedangkan telur omega 3 mirip dengan telur biasa, namun telah diperkaya dengan omega 3 yang dihasilkan dari pakan tertentu yang dikonsumsi ayam.

Jadi, lain kali jika hendak membeli telur di pasar, ingat apa yang barusan anda baca diatas. Perhatikan warna kuning telur yang akan anda makan, karena warna kuning telur dapat menentukan apakah telur itu sehat atau tidak. Semoga bermanfaat….

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga