Index Labels

Home » Kesehatan» Gejala Diabetes Tersembunyi yang Harus Anda Ketahui

Gejala Diabetes Tersembunyi yang Harus Anda Ketahui

.
Salah satu penyakit berbahaya yang banyak dialami masyarakat saat ini, Diabetes juga disebut sebagai “pembunuh secara diam – diam”. Penyakit ini disebakan karena kadar gula yang tinggi dalam tubuh, kadar gula yang berlebihan bisa berbalik menjadi racun mematikan bagi tubuh. Biasanya juga disertai dengan tekanan darah tinggi dan kadar lemak yang tidak normal.
 
Ilustrasi Diabetes (Credit: Viva.co.id)
Ahli CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menjelaskan bahwa pada tahun 2050 nanti, sekitar 1/3 orang dewasa di Amerika akan didiagnosis mengidap penyakit diabetes. 24 juta orang berjuang melawan diabetes, dan sekitar 6 juta lainnya tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit diabetes.

Diabetes adalah dimana tubuh tidak dapat menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat memprosesnya dengan baik. Ketika Anda didiagnosis, berarti tubuh tidak mampu lagi menangani gula dengan benar, sehingga kadar gula darah akan meningkat diatas normal. Kadar gula yang tinggi juga bisa menjadi pemicu penyakit – penyakit lain seperti  jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, bisul, infeksi, kelemayuh (Gembru) dan kematian dini.

Ada tiga jenis diabetes:

-          Tipe 1: ini merupakan penyakit autoimun (kekebalan tubuh), yang disebut dengan diabetes anak anak. Tipe 1 terjadi ketika system kekebalan tubuh berbalik melawan sel – sel beta di pancreas yang memproduksi insulin.

-          Tipe 2: ini adalah jenis diabetes yang paling umum. Tubuh tidak lagi memproduksi cukup insulin yang berguna untuk mengatur gula darah, atau sel – sel yang menahan insulin. Sehingga system dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik.

-          Diabetes gestasional (kehamilan): diabetes ini mempengaruhi 5 – 10 persen wanita selama masa kehamilan.
    
Jika anda merasakan gejala atau tanda - tanda diabetes dibawah ini, jangan hiraukan. Segera periksakan ke dokter terdekat.

-          Terlalu sering buang air kecil: ginjal bekerja keras untuk menyingkirkan tambahan glukosa, sehingga glukosa akan dikeluarkan melalui urin.

-          Sering haus: terlalu sering buang air kecil akan menyebabkan dehidrasi.

-          Mudah lapar: kondisi ini adalah hasil dari penggunaan insulin yang tidak benar, sehingga tubuh kehabisan energy.

-          Keletihan: tubuh tidak dapat merespon insulin dengan benar, sehingga sel tidak dapat menyerap gula darah.

-          Bercak gelap di kulit: sebagian besar berada dibawah lengan.

-          Penglihatan buram: jika kadar gula terlalu tinggi dalam waktu yang cukup lama, maka lensa mata akan berubah bentuk sehingga mempengaruhi penglihatan.

-          Gatal, kulit kering: kulit akan menjadi gatal – gatal karena sirkulasi darah yang buruk.

-          Mati rasa: sering mengalami kesemutan dibagian tangan, jari dan kaki bisa diakibatkan karena diabetes.

-          Sering mengalami infeksi.

-          Lambat dalam penyembuhan luka.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga