Index Labels

Home » Kesehatan» Jangan Buang Cangkang Telur, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jangan Buang Cangkang Telur, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

. . No comments:
Manfaat Cangkang (Kulit) Telur Bagi Kesehatan ~ Kebiasaan umum yang sering dilakukan banyak orang setelah makan telur matang adalah langsung membuang kulitnya di tempat sampah. Padahal tanpa disadari, cangkang telur memiliki 90% sumber kalsium murni yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.
Kulit telur
Kulit telur (Foto: Pixabay)
Sumber kalsium yang ada pada cangkang telur secara kimiawi hampir mirip dengan kalsium yang membentuk tulang dan gigi manusia. Karena kesamaan kimiawi ini, kalsium dari cangkang (kulit) telur mudah diserap ke dalam tubuh dan membantu banyak aspek kesehatan kita. Kulit telur juga merupakan sumber besar dari mineral – mineral lain, seperti zat besi, zink, copper, mangan, florin, fosfor, kromium dan molybdenum.

Jadi bagaimana cangkang telur bisa meningkatkan kesehatan tubuh kita? Kandungan kalsium tidak hanya memperkuat tulang, tetapi juga membantu sumsum tulang dalam memproduksi sel darah yang lebih banyak dan lebih sehat. Kalsium juga membantu pencegahan osteoporosis (pengeroposan tulang). Tidak hanya itu saja, kalsium telah terbukti menurunkan kolesterol dan membantu menurunkan tekanan darah juga.

Untuk mendorong kesehatan yang baik secara keseluruhan, Anda bisa mengambil lima butir cangkang telur dan kemudian menumbuknya menjadi butiran bubuk – bubuk  yang halus. Tambahkan bubuk telur tersebut kedalam 3 liter air air bersih, dan simpan ke dalam lemari es selama seminggu untuk melarutkan cangkang telur. Anda juga bisa menambahkannya dengan sedikit jus lemon sebagai penambah rasa. Minumlah campuran tersebut 2- 3 gelas setiap hari.

Campuran Kulit telur dan jus lemon juga dapat menunjang kesehatan lambung dan kelenjar tiroid. Untuk membantu mengobati bisul – bisul dan meningkatkan kesehatan pencernaan, anda bisa menambahkan bubuk telur kedalam susu panas yang akan anda minum. Dalam setiap situasi dimana anda memerlukan lebih banyak kalsium, kulit telur adalah sumber kalsium alami yang cocok dengan kalsium yang ada di dalam tubuh kita.

Sumber: Livestrong
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.