Index Labels

Home » Kesehatan» Kenali Gejala Serangan Jantung Satu Bulan Sebelum Terjadi

Kenali Gejala Serangan Jantung Satu Bulan Sebelum Terjadi

.
Serangan jantung digolongkan sebagai salah satu penyakit paling mematikan nomor  1 di dunia yang banyak merenggut jutaan nyawa manusia setiap harinya. Menurut sumber data dari WHO, di Indonesia sendiri setiap tahunnya ada sekitar 243.048 orang meninggal akibat serangan jantung.

Semua orang berpotensi terkena serangan jantung tidak memandang usia, baik tua maupun muda. Penyakit jantung mengintai siapaun, terutama bagi mereka yang menjalani pola hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, kurang gerak atau olahraga, dan lain – lain. Serangan jantung terjadi ketika ada terlalu banyak penumpukan plak di arteri (pembuluh darah), yang pada akhirnya akan menyebabkan penyumbatan aliran darah.
Ilustrasi jantung manusia
Ilustrasi jantung manusia (Wikipedia)
Mengetahui gejala serangan jantung sejak dini itu sangat penting , agar tindakan pencegahan awal bisa segera dilakukan sebelum semuanya menjadi terlanjur parah. Berikut adalah beberapa gejala awal seseorang akan terkena penyakit jantung satu bulan sebelum itu terjadi:

1. Kelelahan
Ketika arteri menjadi sempit, otomatis jantung akan menerima jauh lebih sedikit darah daripada yang seharusnya. Hal ini akan membuat jantung bekerja terlalu keras untuk memompa darah, sehingga akan menyebabkan tubuh mudah merasa lelah dan mengantuk hampir setiap saat.

2. Sesak nafas
Saat jantung semakin kekurangan darah, hal ini akan berpengaruh terhadap paru – paru untuk memperoleh oksigen dalam jumlah yang semestinya. Karena kedua system tersebut saling bergantung sama lain, apabila salah satunya tidak bekerja otomatis system kerja lainnya juga akan terganggu. Jika anda mengalami sesak nafas yang tidak biasa, jalan terbaik adalah segera mengonsultasikannya ke dokter secepat mungkin.

3. Kelemahan
Ketika tubuh anda tiba – tiba menjadi lemah, semua itu disebabkan karena arteri menjadi lebih sempit sehingga mengganggu sirkulasi darah dengan benar. Otot – otot tidak mendapatkan apa seharusnya diperlukan, dan ini bisa menyebabkan anda jatuh secara mendadak karena kekuatan tubuh yang semakin melemah.

4. Pusing dan berkeringat dingin
Sirkulasi darah yang buruk juga akan menyebabkan aliran darah ke otak dibatasi. Tentu hal ini sangat sangat berbahya sekali. Jangan pernah abaikan tanda- tanda ini.

5. Rasa tidak nyaman di dada
Perasaan tidak nyaman di dada juga bisa menjadi tanda – tanda awal serangan jantung, seperti ada rasa sakit atau tertekan. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini akan terus meningkat hingga serangan jantung benar - benar terjadi.

6. Flu dan masuk angin
Jika anda tiba – tiba merasa seolah – olah mengalami gejala flu yang tidak seperti biasanya, bisa jadi ini diakibatkan dari serangan jantung yang akan terjadi dalam waktu dekat. Banyak orang yang mengalami panas dingin beberapa hari sebelum mereka dinyatakan terkena penyakit jantung.

Bagaimana cara penanganannya:
Jika anda atau seseorang yang anda kenal mengalami gejala – gejala seperti diatas, sesegara mungkin harus diperiksakan ke dokter. Cara terbaik untuk mencegah serangan jantung adalah dengan memperhatikan gejala – gejala awalnya. 
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga