Index Labels

Home » Dunia» Sosial» 5 Gempa Bumi Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi

5 Gempa Bumi Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi

. . No comments:
Gempa bumi benar – benar bencana paling menakutkan, karena dampaknya bisa menyebakan kematian dan kehancuran yang meluas dimana – mana. Meskipun berbagai macam teknologi penanggulangan bencana telah dibuat dan dikembangkan, kehendak alam tetap tidak bisa dicegah, segalanya akan terjadi sesuai kodrat-NYA. Tanah yang kita pijak, bumi yang kita tempati, semua berpotensi mengalami bencana alam sewaktu – waktu.

Semua orang termasuk kita sendiri pasti tidak menginginkan terjadinya bencana, tapi jika Tuhan sudah berkehendak, kita sebagai umat manusia tidak memiliki kuasa untuk menolaknya. Persiapkan diri masing – masing untuk menghadapi segala konsekuensi yang akan terjadi, dan berikut adalah sebagian dari beberapa bencana gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi dengan dampak paling mengerikan dan menewaskan jutaan  nyawa manusia :

1. Gempa bumi di China yang menewaskan lebih dari 830.000 orang

Gempa bumi yang mengguncang provinsi Shaanxi, China, pada tanggal 23 Januari tahun 1556 itu telah menewaskan setidaknya 830.000 korban jiwa. Gempa tersebut diperkirakan berkekuatan 8.3 skala richter, yang berpusat di tengah – tengah wilayah padat penduduk. Hal ini juga menyebabkan kerugian materil yang tak terhitung nilainya. Rumah dan jalan – jalan hancur lebur, lubang tanah menganga seluas 18 meter banyak bermunculan di beberapa tempat.

2. Gempa bumi terbesar di dunia berkekuatan 9,5 skala richter terjadi di Chili

Pada tanggal 22 Mei 1960, Chili yang tenang tiba – tiba porak – poranda setelah diguncang gempa bumi super dahsyat yang mengakibatkan ribuan nyawa melayang, lebih dari 3000 orang terluka dan 2.000.000 lainnya kehilangan tempat tinggal dan harta benda.
Gempa Bumi 1960 di Chili
Gempa Bumi 1960 di Chili (Image source: wikipedia)
Disaat yang sama, Tsunami besar juga menyapu bersih wilayah itu. Gempa diawali dengan empat kali guncangan, yang kesemuanya memiliki kekuatan lebih tinggi dari 7 skala richter, dan diikuti lima kali gempa susulan yang juga lebih tinggi dari 7 skala richter.

3. Gempa bumi tahun 2004 di Samudera Hindia berkekuatan 1500 kali bom atom Hiroshima

Energy yang dilepaskan dari gempa tersebut sekitar 26 megaton dinamit jika diledakkan, namun jumlah tersebut hanya tampak dari dipermukaan. Jika dari dalam bumi langsung, diperkirakan mencapai lebih dari 9600 gigaton dinamit yang diledakkan. Gempa ini menjadi salah satu gempa terlama dalam sejarah, yang berlangsung hampir 10 menit.
Dampak Tsunami dahsyat di Aceh
Dampak Tsunami dahsyat di Aceh ( Image source)
Gempa tersebut menyebabkan Tsunami besar yang menghempas beberapa wilayah, termasuk Indonesia adalah salah satu negara yang menerima dampak terbesar dari bencana ini, tepatnya berada di wilayah Aceh, Sumatera Utara.  Peristiwa ini menjadi sebuah kenangan paling menyedihkan, setidaknya 170.000 orang dipastikan  meninggal dalam kejadian naás tersebut.

4. Gempa tahun 1995 di Jepang mengakibatkan lebih dari 100.000 gedung hancur dalam 20 detik
Dampak Gempa bumi di Kobe, Jepang
Dampak Gempa bumi di Kobe, Jepang (Image source)
Gempa yang tecatat berkekuatan 6,3 skala richter tersebut mengguncang wilayah Kobe, Jepang. Lebih dari 6000 nyawa manusia melayang dan 300.000 orang kehilangan tempat tinggal. Gempa ini merupakan yang terburuk terjadi di Jepang setelah gempa Tokyo – Yokohama pada tahun 1923.

5. Gempa Nepal 25 April 2015
Gempa bumi 2015 di Nepal
Gempa bumi 2015 di Nepal (Image source: www.ndtv.com)
Menurut data dari PBB, setidaknya 8 juta orang dari 39 kabupaten di Nepal telah terkena dampak dari gempa yang berkekuatan 7,8 skala itu. Lebih dari 6.204 orang ditemukan tewas dan lebih dari 14.000 lainnya terluka parah. Gempa tersebut juga mengakibatkan gunung Everest menyusut  1 inci, sementara wilayah Kathmandu bergeser sekitar 3 meter.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.