Index Labels

Home » Lainnya» Lokal» Travelling» Heboh Penemuan Goa Kristal di Tuban Jawa Timur

Heboh Penemuan Goa Kristal di Tuban Jawa Timur

.
“Tuban Kota Seribu Goa”, adalah bunyi slogan pariwisata dari Kabupaten Tuban. Salah satu Kabupaten yang terletak di wilayah Pantai Utara Jawa Timur ini terkenal sebagai tujuan wisata religi dan memiliki wisata alam cukup fenomenal berupa goa – goa indah yang selalu ramai dikunjungi orang dari berbagai pelosok negeri setiap tahunnya.
 
Pemandangan di dalam Goa Kristal Tuban
Pemandangan di dalam Goa Kristal Tuban 
Tuban yang disebut sebagai kota seribu goa rupanya bukan omongan semata.  Terbukti dengan ditemukannya sebuah goa Kristal di dasar lahan tambang kapur baru – baru ini, di Dusun Mahbesar, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Goa dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit membentuk Kristal tersebut awalnya ditemukan oleh salah seorang operator alat berat yang sedang bekerja melakukan penggalian material tambang kapur di dekat lokasi. Tak sengaja, ia menemukan ruang hampa di dalam tanah, dan setelah ditelusuri ternyata adalah goa Kristal tersebut.
Lorong masuk Goa Kristal Tuban
Lorong masuk Goa Kristal Tuban
Menurut penuturan salah seorang warga bernama Purwanto yang tinggal di desa setempat, goa tersebut sebenarnya sudah lama ditemukan. Namun menjadi heboh dan banyak dikunjungi orang setelah sebuah foto diunggah ke social media.

“Sebenarnya sudah cukup lama ditemukan oleh operator alat berat, namun baru – baru ini banyak yang lihat kesini setelah diunggah ke social media”, ujarnya.


Menuju masuk ke dalam lorong goa yang tidak terlalu lebar, terlihat ada tetesan air dari stalaktit dan stalakmit berwarna putih Kristal yang sangat indah. Namun sayang, sebagian batu Kristal ada yang sudah rusak karena aktifitas tambang sebelumnya. Untuk menjaga keindahan goa, pemilik tambang saat ini tidak akan menggali di area dekat goa. 
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga