Index Labels

Home » Sains» Unik» 10 Ide Tentang Tuhan yang Diyakini manusia

10 Ide Tentang Tuhan yang Diyakini manusia

.
Berbicara tentang keyakinan, beberapa orang memiliki pendapat yang berbeda - beda jika berhubungan dengan Tuhan dan agama. Ada kelompok orang yang percaya bahwa Tuhan itu lebih dari satu dan sebagian lagi percaya bahwa Tuhan itu adalah satu atau ESA, semua tergantung dari keyakinan  masing - masing. Namun ada pula segelintir orang yang tidak mempercayai adanya Tuhan sama sekali atau Atheis.
Ilustrasi gambar (Sumber: Google Image)
Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, banyak orang kemudian memunculkan teorinya sendiri tentang Tuhan, Siapa dan apa Tuhan itu sebenarnya?,. Sekedar menambah wawasan kita bersama, berikut ini kami sajikan beberapa ide tentang Tuhan yang diyakini manusia di dunia ini:

1. Suitheist
Banyak orang mengatakan bahwa kaum Suitheist adalah orang - orang yang tertipu dengan dirinya sendiri. Namun sebenarnya mereka adalah sekelompok orang yang memang menyembah dirinya sendiri dan yakin bahwa dirinya adalah wujud dari Tuhan yang sebenarnya. Namun anehnya, mereka juga tidak keberatan mengenai fakta tentang adanya Tuhan lain di alam semesta ini.

2. Monolatri
Dalam kepercayaan Monolatri, orang - orang sangat yakin bahwa ada lebih dari satu Tuhan di dunia ini, namun hanya ada satu yang menjadi pemimpin. Mereka mengerti bahwa ada banyak Tuhan, namun hanya ada satu Tuhan yang mereka imani. Kepercayaan ini banyak dianut oleh orang - orang yang berada di kawasan Afrika, Pasific, dan suku American.

3. Kathenotheisme
Kathenotheisme dibentuk pada abad ke-19 oleh sarjana asal Jerman bernama Max Muller. Melalui keyakinan agama ini, orang - orang yang percaya bahwa Tuhan lebih dari satu bisa menyembah masing - masing dari mereka semua dalam satu waktu. Karena ada satu Tuhan yang dijadikan sebagai wakil atau pemimpin tertinggi dari semua Tuhan yang ada.

4. Duotheisme
Seperti namanya, Duotheisme adalah sebuah kepercayaan bahwa ada dua Tuhan yang memiliki kekuatan sama. Satunya Tuhan yang baik, sedangkan satunya lagi adalah Tuhan yang jahat.

5. Tritheisme
Tritheisme adalah kepercayaan Trinitas. Dalam kepercayaan ini Tuhan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Tuhan Ayah, Tuhan Anak dan Roh Kudus. Hanya ada satu Tuhan tertinggi dalam kepercayaan ini, tetapi mereka memiliki tiga lapisan.

6. Apeirotheisme
Apeirotheisme adalah kepercayaan yang meyakini bahwa Tuhan itu ada banyak dan jumlahnya tidak terbatas. Namun tetap hanya ada satu Tuhan yang menjadi pemimpin tertinggi. Mereka juga yakin bahwa setiap manusia memiliki masing - masing Tuhan yang bersemayam dalam dirinya, dimana Tuhan tersebut akan selalu menuntun mereka agar menjadi manusia yang bermoralitas.

7. Pandeisme
Tuhan dan alam semesta adalah satu dalam kepercayaan ini. Mereka yakin bahwa sang pencipta adalah satu, yang merupakan gabungan antara Tuhan dan alam semesta. Jika Tuhan adalah Maha Ada dan Maha kuasa, maka Dia juga harus menjadi alam semesta untuk dirinya sendiri.

8. Misotheisme
Misotheist adalah kebalikannya dari Atheis. Jika Atheist tidak percaya sama sekali dengan Tuhan, maka kaum Misotheisme justru sangat membenci Tuhan. Daripada menggambarkan tuhan sebagai sosok yang welas asih, mereka malah melihat bahwa adalah sosok yang tidak peduli dengan manusia sama sekali. Angan - angan saja, pasti anda bisa menyimpulkan kenapa mereka bisa memiliki keyakinan seperti itu... :D

9. Azathoth
Dalam kepercayaan ini, Azathoth adalah Iblis yang sangat jahat dan mengerikan yang disembah manusia sebagai Tuhan. Meskipun Azathoth awalnya berasal dari karya fiksi buatan seorang penulis, namun beberapa orang tetap meyakininya sebagai agama dan Azathoth sebagai Tuhannya.

10. Hylotheisme
Jika anda percaya bahwa tidak ada pemisah antara Tuhan dan materi, maka kemungkinan anda adalah seorang Hylothesit. Tuhan tidak menciptkan alam, sebaliknya Dia menciptakan kehidupan untuk kehidupannya sendiri.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga