Index Labels

Home » Kesehatan» Sains» Unik» 7 Penyakit Aneh yang Belum Diketahui Penyebabnya Hingga Kini

7 Penyakit Aneh yang Belum Diketahui Penyebabnya Hingga Kini

.
Meskipun ilmu pengetahuan dalam dunia medis dan pengobatan telah mengalami perkembangan yang sangat maju, namun masih saja ada beberapa penyakit aneh di dunia ini yang membuat banyak orang bingung, bahkan dokter sekalipun belum bisa memberikan penjelasan yang cukup masuk akal.

Beberapa penyakit ini bahkan tidak dapat dijelaskan secara logika, The European Organization for Rare Diseases memperkirakan ada 1 dari 2000 orang di dunia ini dengan kemungkinan memliki penyakit aneh dan langka. Berikut adalah beberapa penyakit aneh yang sebagian besar belum diketahui sebab - musababnya:

1. Encephalitis Lethargica

Dari namanya saja sudah kedengaran  aneh, Encephalitis Lethargica adalah salah satu penyakit yang sangat mengerikan dimana penderitanya akan selalu mengalami halusinasi menakutkan sebelum akhirnya ia menjadi lumpuh total. Tubuhnya akan nampak seperti sedang tidur, namun sesungguhnya masih sangat sadar secara mental. Penyakit ini menjadi sangat heboh ketika tiba - tiba banyak orang mengalami Encephalitis Lethargica pada tahun 1900-an. Kebanyakan dari mereka tidak bisa terselamatkan dan berakhir dengan kematian, atau meskipun seumpama hidup, halusinasi menakutkan ini akan selalu mengahantuinya sepanjang hidup.

2. Nodding Syndrome
Penyakit paling aneh dan tidak biasa ini hanya dialami oleh anak - anak. Nodding Syndrome adalah gejala dimana seorang anak mengalami kejang - kejang hebat hingga dapat menyebabkan kematian. Anak - anak ini akan berhenti berbicara dan tidak bisa tumbuh secara normal. Sampai saat ini dokter masih belum bisa memberikan kepastian mengenai apa penyebab dari penyakit aneh ini.

3. Congenital Analgesia
Congenital Analgesia adalah suatu penyakit yang membuat penderitanya tidak bisa merasakan sakit sama sekali atau rasa sakitnya hilang total. Anak - anak yang menderita penyakit ini seringkali mengalami patah tulang, terluka, dan memar - memar yang tidak disadari lantaran mereka tidak bisa merasakan sakit.

4. Aquagenic Urticaria

Aquagenic Urticaria disebut juga sebagai alergi air, adalah sebuah kondisi aneh dimana penderitanya akan mengalami reaksi kulit yang amat menyakitkan jika sampai menyentuh atau berhubungan dengan air.

5. SIDS

SIDS (Sudden Infant death Syndrome) adalah penyakit misterius yang menyebabkan kematian banyak bayi antara usia satu bulan hingga satu tahun. Penyakit ini juga disebut dengan crib death (kematian di tempat tidur bayi), karena biasanya bayi - bayi ini akan meninggal disaat sedang tidur. Mengenai penyebab dari penyakit ini masih belum jelas hingga saat ini.

6. Virus Marburg

Nama virus Marburg berasal dari salah nama kota yang berada di Jerman, dimana asal muasalnya virus ini muncul pada tahun 1967. Ini adalah sejenis virus flu hemorrhagic yang ditularkan dari monyet ke manusia, efeknya adalah penderita akan mengalami pendarahan internal hebat hingga akhirnya meninggal dunia.

7. Methemoglobinemia

Methemoglobinemia adalah semacam penyakit karena kelainan darah karena kelebihan jumlah methemoglobin (Salah satu bentuk dari hemoglobin)  yang diproduksi oleh tubuh. Hemoglobin adalah protein sel darah merah yang menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika mengalami Methemoglobinemia, hemoglobin bisa membawa oksigen akan tetapi tidak mampu menyalurkannya secara sempurna ke seluruh jaringan dalam tubuh. Akibatnya, lidah dari penderita Methemoglobinemia akan berubah warna menjadi ungu, darah berubah warna  menjadi coklat karena tidak memperoleh oksigen dan warna kulit akan terlihat berwarna biru.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga