Index Labels

Home » Dunia» Sosial» Unik» Di Kota Ini, Penduduk Dapat Gaji Bulanan Tanpa Bekerja

Di Kota Ini, Penduduk Dapat Gaji Bulanan Tanpa Bekerja

.
Setiap orang memang diwajibkan bekerja agar memperoleh uang, karena dengan uang  kita bisa memenuhi kebutuhan hidup misalnya untuk membeli pakaian, makanan, biaya sekolah dan segala macam kebutuhan sehari - hari. Uang memang bukan segalanya dalam hidup ini, tapi segalanya butuh uang untuk hidup. Namun bagi sebagian orang yang tinggal di kota Utrecht, Belanda, bekerja bukanlah satu - satunya cara untuk memperoleh uang.
Suasana di Kota Utrecht, Belanda (Image source: News.com )
Orang - orang ini cukup beruntung karena setiap bulannya mereka mendapatkan bayaran bervariasi antara $1300 (sekitar Rp17 jutaan) untuk orang dewasa yang belum menikah dan $1880 (sekitar Rp25 jutaan) untuk orang - orang yang sudah berumah tangga. Rupanya, mereka adalah sejumlah orang yang sedang ikut ambil bagian dalam sebuah eksperimen sosial unik. Dimana mereka akan mendapatkan bayaran rutin setiap bulannya dengan tanpa bekerja atau melakukan suatu hal apapun.

Eksperimen ini tercipta berdasarkan sebuah ide lama "basic income", yang intinya adalah memberikan uang secara cuma - cuma dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, termasuk dalam hal belajar, bekerja dan tingkat kepedulian bersama. Kota ini telah bekerja sama dengan Universitas Utrecht untuk merancang eksperimen sosial tersebut. Hingga saat ini sudah ada 300 orang penduduk Utrecht yang terbagi dalam empat kelompok telah menerima gajian bulanan.

Manager project, Nienke Horst, mengatakan bahwa Salah satu kelompok yang terdiri dari sekitar 50 orang akan menerima "basic income" dengan tanpa syarat apapun, jadi meskipun mereka sudah bekerja atau memiliki sumber penghasilan lain, mereka tetap masih akan mendapatkan bayaran. Sedangkan tiga kelompok lain akan menerima bayaran dengan sejumlah syarat tertentu sesuai aturan hukum welfare (penerima kesejahteraan) yang berlaku.

Sumber: News.com.au
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga