Index Labels

Home » Kesehatan» Inilah Bahayanya Terlalu Banyak Mengonsumsi Es Teh

Inilah Bahayanya Terlalu Banyak Mengonsumsi Es Teh

.
Teh adalah salah satu minuman favorite yang banyak dikonsumsi orang di seluruh dunia, tak terkecuali masyarakat kita sendiri yang ada di Indonesia. Apalagi di bulan puasa seperti ini, rata – rata es teh manis menjadi pilihan pertama untuk mengawali berbuka setelah sehari menahan lapar dan dahaga. Namun adakah dampak kesehatan jika terlalu banyak minum es teh? Apapun yang sifatnya berlebihan pasti akan memiliki dampak negatif setelahnya. Sama halnya dengan minum es teh, meskipun banyak orang mengatakan bahwa teh memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Apabila dikonsumsi secara berlibahan, tentu efeknya malah tidak baik bagi kesehatan.
Segelas es teh (Source)
Ada satu cerita kisah nyata yang mungkin bisa menginspirasi Anda semua, Seorang pria yang tidak diketahui namanya berusia sekitar 56 tahun  dari Arkansas, Amerika Serikat, memiliki kebiasaan rutin minum 16 gelas es teh setiap hari, karena awalnya dia sangat yakin bahwa, selain menyegarkan, dengan mengonsumsi es teh setiap hari akan membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar. Namun cara yang dilakukannya salah, ia mengonsumsi dalam dosis yang terlampau banyak.  Beberapa hari kemudian ia harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami kelemahan ekstrim dan rasa sakit yang menjalar di seluruh tubuh.

Dokter yang menanganinya pun awalnya terkejut karena penyakitnya yang aneh dan belum diketahui penyebabnya. Tetapi setelah dilakukan beberapa kali pemeriksaan, akhirnya diketahui bahwa pria ini ternyata mengalami gagal ginjal. Namun hal ini membingungkan lagi karena dari riwayat kesehatan sebelumnya, pria tersebut tidak pernah memiliki masalah dengan ginjal, baik dari keluarga juga tidak ada yang memiliki penyakit gagal ginjal sebelumnya.

Pria tersebut akhirnya berkata jujur kepada dokter bahwa awalnya dia selalu rutin mengonsumsi paling tidak 16 gelas es teh setiap hari, dan teh hitam adalah salah satu yang paling disukainya. Teh hitam kaya akan kandungan oksolat, semacam reaksi kimia yang dapat memiliki dampak negatif terhadap ginjal jika dikonsumsi dengan cara yang salah atau terlalu berlebihan. Kisah ini menjadi pelajaran berharga buat kita semua agar selalu berhati – hati, terutama dalam menjaga pola makan sehari – hari. Kesehatan itu sangat mahal.. ingat, sangat berharga!.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga