Index Labels

Home » Teknologi» Lima Super Computer dengan Teknologi Paling Canggih di Dunia

Lima Super Computer dengan Teknologi Paling Canggih di Dunia

. . No comments:
Super Komputer Paling Canggih di Dunia - Seperti halnya desain komputer di era tahun 1960-an yang memiliki ukuran sangat besar dan memakan banyak tempat, Supercomputer saat ini pun masih tetap mengadopsi desain lamanya dimana ukuran per unit komputer ini mampu memenuhi sebuah ruangan dengan layar monitor ekstra besar dan ratusan tombol beserta kabel rumit yang menancap di belakangnya.

Kemampuan pemrosesan data pada Supercomputer dikalkulasikan dalam satuan Petaflops (Kemampuan CPU untuk melakukan pemrosesan data sebanyak 1000 triliun floating point per detik). Apabila dibandingkan dengan processor Core i7 misalnya, ia memiliki kecepatan pemrosesan data kira - kira 7 Gigaflops (7.000.000.000). Jadi Supercomputer jutaan kali lebih cepat dibandingkan sebuah computer dengan CPU Core i7.

Penasaran Supercomputer apa saja yang menduduki lima peringkat paling canggih saat ini, mengutip dari laman Fossbytes (29/06/2015), berikut diantaranya:

5. Mira (USA)
Mira Supercomputer
Mira Supercomputer, USA
 Mira adalah supercomputer rakitan IBM sendiri yang memiliki kemampuan CPU 8.6 petaflops. Berada di Laboratorium Nasional Argone, Amerika Serikat, komputer tersebut menggunakan platform BlueGene/Q milik IBM dengan inti processor sebanyak 786,000 core, wow!.

4. K Computer (Jepang)
K SuperComputer, Jepang
K SuperComputer, Jepang
K Computer milik Fujitsu yang saat ini berada di RIKEN Advanced Institute For Computational Science di Jepang dibuat dengan 705,000 processor SPARC64 VIIIfx octo-core. Supercomputer ini digunakan untuk keperluan ilmu pengetahuan termasuk pencegahan bencana global, meteorologi dan riset medis.

3. Sequoia (USA)
Squoia supercomputer, USA
Squoia supercomputer, USA
salah satu supercomputer lain milik IBM, Sequoia, yang juga dibangun dengan platform BlueGene/Q masuk dalam jajaran supercomputer paling canggih di dunia. Komputer ini memiliki 1.6 juta 16 inti processor, dan memiliki kecepatan hingga 17.2 petaflops.

2. Titan (USA)
Titan Supercomputer, USA
Titan Supercomputer, USA
Titan supercomputer menggunakan total 561.000 processor Opteron 6274 16-core 2.2GHz beserta dengan NVIDIA GPU. Komputer 'tidak biasa' ini mampu melakukan tugas computing 17.6 petaflops dalam sedetik.

1. Tianhe-2 (China)
Tianhe-2 Supercomputer, China
Tianhe-2 Supercomputer, China
The king of supercomputer saat ini masih diduduki oleh Tianhe-2 milik China, dengan kemampuan pemrosesan data 33.9 petaflops per detik. Komputer ini dikembangkan oleh National University of Defence Technology. Raja supercomputer ini dibuat dengan total 3.120.000 inti processor. Gabungan antara processor Intel Xeon E5, costum processor dan Intel Phi coprocessor.

Dengan kemampuan mesin super cepat ini, ilmuan telah berhasil memperluas batasan - batasan yang ada dan mampu bekerja dengan penghitungan mekanikal quantum yang sangat kompleks. Selain itu, supercomputer ini juga sangat membantu para ilmuan dalam penelitian iklim, simulasi awal pembentukan alam semesta, Fusi Nuklir dan pembacaan sandi - sandi yang sangat rumit.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.