Index Labels

Home » Kesehatan» Manfaat Tidur Miring ke Kiri Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Miring ke Kiri Untuk Kesehatan

.
Tidak banyak orang tahu bahwa posisi yang kita ambil ketika tidur ternyata memiliki dampak cukup signifikan terhadap kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Hal ini bukanlah suatu kebetulan semata, pada zaman dahulu kala para biksu akan berbaring dengan posisi miring ke kiri selama sepuluh menit setiap kali selesai makan. Tujuannya adalah untuk membuat agar sistem pencernaan tetap sehat dan bekerja secara maksimal.
Posisi tidur yang sehat
Ilustrasi posisi tidur yang sehat
Kebanyakan Tradisi pengobatan kuno dari Timur menyarankan agar seseorang tidur berbaring dengan posisi miring ke kiri. Sebenarnya apa alasan dari semua itu? Ternyata posisi berbaring miring ke kiri sangat berpengaruh terhadap kesehatan lambung dan sistem limfatik dalam tubuh kita, yang berarti baik itu perut, liver, pankreas dan juga kandung kemih bisa lebih mudah membuang produk limbah tidak berguna dan membersihkan sistem pencernaan. Disaat yang sama, tubuh juga akan memproduksi enzim yang diperlukan tubuh untuk menetralisir asam lemak dalam tubuh.

Jika pada umumnya proses pencernaan dalam tubuh diperlukan waktu dua hingga tiga jam setelah makan, maka dengan metode ini proses pencernaan bisa dioptimalkan dan memakan waktu paling lama hanya  10 hingga 15 menit. Setelah itu anda akan langsung merasakan efeknya, badan menjadi lebih  segar dan bersemangat. Sistem pencernaan akan mengolah makanan yang kita konsumsi menjadi sumber energi yang sangat diperlukan tubuh agar bisa bekerja secara optimal.

Namun begitu, hal ini bukan berarti anda bisa bebas memakan apa saja tanpa ada rasa kekhawatiran sama sekali. Menahan diri dan makan secukupnya itu juga sangat penting, dan untuk meningkatkan kesehatan dari waktu ke waktu, anda bisa menggunakan trik tidur dengan posisi miring ke kiri ini mulai sekarang juga. Tidur atau berbaring dengan posisi miring kekiri memang terbukti lebih baik untuk kesehatan dibandingkan dengan posisi lainnya, terutama jika sehabis makan.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga