Index Labels

Home » Dunia» Lainnya» Unik» 10 Fakta Menarik Tentang Singapura

10 Fakta Menarik Tentang Singapura

.
Dalam lima dekade terakhir ini, Singapura telah menempuh perjalanan yang sangat panjang dan berhasil merubah wajah negaranya, dari yang semula hanya berupa pulau rawa – rawa hingga menjadi pusat perdagangan global seluruh dunia. Selain itu, pusat kotanya juga memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa. Negara yang memiliki julukan “City in a Garden” atau “Kota Kebun” itu pada tanggal 9 Agustus 2015 kemarin telah merayakan hari kemerdekaannya yang genap ke-50 tahun. Dalam rangka menambah wawasan kita semua, berikut kami rangkumkan beberapa fakta menarik tentang negara Singapura:
Patung Merlion, Singapura
Patung Merlion, Singapura
1. Tahukah anda bahwa nama Singapura berasal dari kata Melayu “Singa”, yang berarti juga Singa dalam bahasa Indonesia dan kata Sanskerta “pur”, yang berarti kota.

2. Patung Merlion yang terkenal di Singapura menggambarkan makhluk dengan kepala singa dan bertubuh ikan, berfungsi sebagai lambang atau maskot negara tersebut. Ironisnya, meskipun dikenal luas sebagai Kota Singa dan memiliki maskot dengan kepala singa, Singapura sama sekali tidak pernah memiliki hewan singa sungguhan (asli).

3. Dalam hal luas area, Singapura adalah negara terkecil di dunia. Negara ini memiliki wilayah seluas 277,3 mil persegi (718,3 km persegi). Namun, dengan 7615 orang yang hidup di setiap 0,38 mil persegi (satu km persegi), Singapura juga dikategorikan sebagai negara yang paling padat penduduknya di dunia.

4. Singapura diterima secara resmi sebagai negara-kota berdaulat secara internasional ketiga di dunia modern, selain Monaco dan Kota Vatikan.

5. Lee Kwan Yew, pendiri Singapura dan Perdana Menteri pertama, memimpin negara tersebut dari tahun 1959 sampai 1990. Dia merupakan perdana menteri paling lama di dunia. Ia meinggal pada tanggal 23 Maret 2015, diusianya yang ke-91.

6. Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa kerja resmi sehari – hari (dan yang paling banyak digunakan) di negara tersebut, lagu kebangsaan Singapura “Majulah Singapura” dinyanyikan dalam bahasa Melayu. Lagu kebangsaan itu ditulis dalam Microtext (teks super kecil) dibelakang setiap pecahan mata uang $1,000 Singapura. 

7. Singapura telah menyesuaikan zona waktu enam kali sejak tahun 1941 untuk mengakomodasi perubahan – perubahan politik dan ekonomi yang terjadi. Perubahan zona waktu itu bervariasi antara tujuh setengah jam hingga sembilan jam lebih awal dari Greenwich Mean Time (GMT).

8. Pada tahun 2013, majalah Forbes melaporkan bahwa Singapura adalah negara tercepat pertumbuhan ekonominya di dunia. Majalah ini juga memperkirakan bahwa pada tahun 2020 nanti, satu dari 30 orang di Singapura akan menjadi jutawan.

9. Sebuah studi yang dilakukan oleh British Council pada tahun 2007 menemukan bahwa Singapura adalah negara yang masyarakatnya pejalan kaki tercepat di dunia. Rata – rata orang Singapura mampu menempuh jarak 18 meter dalam waktu 10,55 detik.

10. Singapura mengikuti aturan jalan left-hand (jalan di kiri), mengikuti sistem di Inggris. Selain itu, menyorotkan lampu “high beam” (lampu jauh) ke pengendara lain dianggap sebagai tindakan bermusuhan dan sebaiknya harus dihindari.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga