Index Labels

Home » Sains» Unik» Bunga Ini Bau Bangkai, Namun Buahnya Enak Dimakan

Bunga Ini Bau Bangkai, Namun Buahnya Enak Dimakan

.
Selama ini kita mengenal jenis bunga yang memiliki bau menyengat adalah bunga bangkai. Bunga ini menjadi populer karena memiliki bau yang sangat berbeda dengan tanaman bunga lainnya, atau lebih mirip seperti bau daging yang busuk. Namun dalam kenyataannya, ada lho jenis bunga yang memiliki bau lebih busuk lagi dan bentuk yang lebih mengerikan dari bunga bangkai, yaitu Hydnora Africana.
Hydnora Africana
Hydnora Africana
Nama Hydnora berasal dari kata Yunani “hydnon”yang berarti “jamur”, adalah jenis tanaman parasit. Tanaman ini tidak memiliki batang ataupun daun seperti tanaman lain pada umumnya, selain hanya bunga yang langsung tumbuh mekar dari dalam tanah. Sesuai namanya, bunga ini paling banyak ditemukan di jalur pantai Afrika Selatan hingga ke sebelah barat daya Angola.

Bunga ini memiliki bau yang sangat busuk, orang – orang lebih sering menyebutnya seperti bau kotoran dicampur bangkai. Warnanya yang cerah dibagian dalam dan baunya yang busuk ternyata berfungsi untuk menarik perhatian kumbang atau serangga lain masuk kedalam. Saat ada serangga yang terjebak masuk, otomatis serangga ini akan bergerak naik turun. Gerakan serangga tersebut membantu untuk menyalurkan serbuk bunga yang menempel di tubuh serangga ke kepala sari. Sebuah metode penyerbukan yang sangat cerdas dan istimewa.

Meskipun terlihat mengerikan dan baunya yang memuakkan, tanaman ini menghasilkan buah yang lezat dan tentu saja dapat dkonsumsi oleh manusia. Buahnya disebut dengan nama jackal food (makanan serigala), memiliki tekstur yang  tebal, berkulit kasar dan memiliki banyak biji – bijian didalamnya. Satu buah Hydnora africana bisa memiliki panjang hingga 80mm dan terdapat hingga 20.000 biji didalamnya. Buahnya bisa dipanen dari dalam tanah, layaknya ketika kita memanen singkong di kebun.
Buah dari Hydnora africana
Selain rasanya yang cocok di lidah, buah Hydnora africana juga memiliki sifat obat alamiah yang dapat membantu penyembuhan penyakit disentri, ginjal, kandung kemih dan jerawat.

Advertisement:

Advertisement: