Index Labels

Home » Dunia» Sosial» Foto Memilukan Pernikahan Gadis Bawah Umur di Bangladesh

Foto Memilukan Pernikahan Gadis Bawah Umur di Bangladesh

.
Pernikahan anak dibawah umur merupakan masalah terbesar di Bangladesh yang tak kunjung ada titik penyelesaian, meskipun telah dibuat  hukum pemerintah yang mengatur usia minimum seseorang bisa menikah. Namun dalam kenyatannya, hal itu belum dapat mengurangi praktek turun temurun yang telah berlangsung lama dilakukan oleh  masyarakat.

Hampir sepertiga perempuan berusia 20 sampai 49 tahun di Bangladesh telah menikah dalam usia dibawah 15 tahun. Menurut laporan UNICEF, Kondisi ini membuat Bangladesh menduduki peringkat tertinggi di dunia untuk kelompok usia tersebut.

Perdana menteri Bangladesh, Sheikh Hasina, mengumumkan tahun lalu bahwa pernikahan anak dibawah umur di negara tersebut akan berakhir pada tahun 2014. Tampaknya, laporan dari Human Rights Watch baru – baru ini menunjukkan bahwa pemerintah memang telah mengambil beberapa langkah – langkah nyata untuk menghentikan praktek tersebut.

Laporan mencatat bahwa Kemiskinan, akses yang buruk terhadap pendidikan dan tradisi turun temurun membantu mendorong masyarakat untuk melakukan praktek pernikahan anak dibawah umur. Terlebih lagi, kerentanan Bangladesh terhadap bencana alam dan perubahan iklim semakin memperburuk masalah – masalah sosial.

Pengantin gadis dibawah umur akan menghadapi resiko serius terhadap pelecehan seksual (karena belum waktunya), kekerasan dan kehamilan terlalu dini. Gadis yang dipaksa menikah seringkali juga harus berhenti dari sekolahnya, membatasi keterjaminan ekonomi masa depan dan kesejahteraan sosial mereka.

Fotografer Allison Joyce telah mendokumentasikan pernikahan seorang gadis berusia 15 tahun di kota Manikganj, Bangladesh, pada tanggal 20 Agustus 2015 kemarin. Pengantin wanita, Nasoin Akhter, terlihat masih bingung karena ia dipaksa untuk menikah dengan seorang pria yang berusia dua kali lebih tua dari usianya.

Dan berikut beberapa foto – foto yang menunjukkan prosesi pernikahan seorang gadis berusia 15 tahun, Nasoin Akhter, dengan pria berusia 32 tahun bernama Mohammad Hasannur Rahman, di rumahnya Manikganj, Bangladesh.

Nasoin Akhter sedang melakukan upacara pemandian

Seorang kerabat menyeret Nasoin Akhter untuk melakukan sesi pemotretan dengan pengantin pria

Nasoin Akhter sedang dirias di sebuah salon kecantikan di Manikganj


Suaminya, Mohammad Hasamur Rahman (32), berdiri disamping isteri barunya, Nasoin Akhter (15)

Sumber: huffingtonpost.com
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga