Index Labels

Home » Kesehatan» Gejala Sakit Jantung Bisa Dideteksi Lewat Mata

Gejala Sakit Jantung Bisa Dideteksi Lewat Mata

.
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal British Medical tahun 2011, mengungkapkan tentang adanya hubungan antara penyakit jantung dengan tanda – tanda berwarna kuning disekitar mata, atau dalam ilmu medis dikenal dengan nama xanthelasmata (xanthelasma Palpebrarum). Jika anda perhatikan ada benjolan berwarna kuning  diatas atau dibawah kelopak mata dan jaraknya cukup dekat dengan mata bagian dalam (bola mata), sebaiknya anda harus segera memeriksakannya ke dokter.
 
Benjolan berwarna kekuningan disekitar mata
Kaitan Antara Xanthelasma dengan Penyakit Jantung

Xanthelasma bisa terjadi baik terhadap laki – laki maupun perempuan, dan seringkali dialami oleh mereka yang telah menginjak usia 40 tahun. Penelitian membuktikan bahwa benjolan berwarna kuning tersebut adalah endapan kolesterol yang memiliki level tinggi diatas rata – rata, kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

Benjolan ini tidak mengganggu penglihatan, teksturnya lembut dan tidak menyakitkan. Mengingat kondisi yang demikian, Banyak orang mengabaikan tanda – tanda ini dan seringkali tidak memedulikannya karena kurangnya informasi. Beberapa orang malah memilih untuk menghilangkannya sendiri karena dianggap mengganggu penampilan, mereka tidak tahu telah menghapus tanda – tanda yang bisa menyelamatkan hidupnya daripada sekedar penampilan. Namun seringkali tanda ini akan muncul kembali tak lama kemudian.

Bukti Ilmiah

Sebuah studi yang berbasis di Denmark (Heart Study Copenhagen City) mengungkapkan adanya korelasi antara xanthelasma dan penyakit jantung pada populasi secara umum. Tim peneliti yang dipimpin oleh profesor Tybjaerg Hansen, telah mencapai beberapa kesimpulan yang akan mengubah cara pandang banyak orang dan dokter mengenai bintik – bintik disekitar mata yang kelihatannya tidak berbahaya itu.  

Penelitian ini menemukan bahwa pria yang berusia 70 hingga 79 tahun memiliki resiko paling tinggi, dan resiko ini akan semakin meningkat  12% dengan adanya xanthelasma. Sedangkan wanita dengan xanthelasma beresiko 8% menderita penyakit jantung , dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki tanda benjolan kuning di mata.

Penelitian ini pada dasarnya menyimpulkan bahwa xanthelasma bisa mempredikisi serangan jantung, atherosclerosis parah hingga kematian. Terlepas dari faktor – faktor lain seperti merokok, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dan obesitas.

Secara umum, resiko serangan jantung, penyakit jantung dan kematian mengalami peningkatan secara signifikan dengan adanya xanthelasma. Baik itu pria ataupun wanita yang memiliki benjolan berwarna kuning di mata, lebih rentan menderita serangan jantung atau akan meninggal dalam jangka waktu 10 tahun kedepan. Namun secara umum, pria lebih rentan terkena penyakit jantung dibanding wanita.

Apa yang sebaiknya anda lakukan?

Jika anda melihat ada tanda berwarna kekuningan berada dibawah atau diatas kelopak mata, hal itu dimungkinkan bahwa anda memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung. Jangan ditunda – tunda apalagi sampai menghilangkan sendiri tanda tersebut (entah dengan cara apapun), segera periksakan ke  dokter agar tidak terjadi sesuatau yang tidak diinginkan.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga