Index Labels

Home » Kesehatan» Sains» Kebiasaan Setelah Makan yang Buat Anda Tambah Gendut

Kebiasaan Setelah Makan yang Buat Anda Tambah Gendut

.
Tahukah anda bahwa berat badan yang kian membengkak bisa juga disebabkan karena beberapa kebiasaan salah setelah makan yang sering anda lakukan tanpa disadari. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi tingkat metabolisme dan pencernaan, lebih jauh hal ini akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Itulah sebabnya banyak kita lihat orang yang tampaknya gemuk secara fisik, namun sebenarnya mereka tidak sehat.
Kebiasaan setelah makan yang membuat gemuk
Kebiasaan setelah makan yang membuat gemuk
Pola makan (diet) yang tepat juga merupakan faktor penting dalam menentukan kesehatan dan kesejahteraan hidup seseorang. Akan lebih baik agar memilih makanan yang sifatnya ringan (rendah kalori) dan sehat untuk menghindari bertambahnya berat badan. Karena setelah kita makan, kalori yang kita konsumsi akan diubah menjadi lemak di tubuh. Kebiasaan salah setelah makan akan membuat lemak ini lama kelamaan menumpuk dan pada akhirnya menyebabkan obesitas.

Selain itu anda juga harus menghindari mengonsumsi langsung buah dan sayur – sayuran setelah makan. Penasaran apa saja kebiasaan salah setelah makan yang harus anda hindari agar tubuh tidak semakin gembrot, berikut uraian lengkapnya:

1. Langsung tidur setelah makan
Langsung tidur setelah makan adalah kebiasaan yang sangat buruk, karena dapat memperlambat proses pencernaan yang pada akhirnya akan menyebabkan perut kembung. Selain itu, hal ini juga merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan kegemukan. Sebaiknya anda harus menunggu paling tidak dua jam setelah makan baru kemudian tidur, jika memang benar – benar sedang mengantuk.

2. Malas – malasan
Kebiasaan yang umum dilakukan banyak orang adalah duduk dan bersantai – santai setelah makan. Tahukah anda bahwa kebiasaan ini hanya akan membuat berat badan semakin membengkak. Ubah kebiasaan ini dengan berjalan ringan selama 15 sampai 20 menit setelah makan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat lain, hal ini juga akan membantu proses pencernaan dan mencegah perut kembung.

3.  Melonggarkan ikat pinggang
Melonggarkan ikat pinggang setelah makan bisa meregangkan otot dan menyebabkan perut  yang penuh lemak semakin menyembul keluar. Itulah sebabnya baik secara agama maupun kedokteran kita tidak diperbolehkan makan terlalu kenyang.

4.  Langsung mandi (air dingin) setelah makan
Kebiasaan seperti ini juga harus dihindari karena mandi langsung setelah makan akan memperlambat proses pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Hal ini juga akan memperlambat aliran darah yang menuju ke perut dan menurunkan suhu tubuh.

5. Merokok
Nah, kebiasaan ini sepertinya juga sering dilakukan banyak orang. Meskipun merokok sebenarnya juga sama sekali tidak baik untuk kesehatan, namun akan lebih berbahaya lagi jika dilakukan setelah makan. Merokok langsung setelah makan dapat meningkatkan asam lambung, jantung terbakar (nyeri ulu hati), dah bahkan membuat badan semakin gembrot.

6. Olahraga berat
Langsung push-up, berlari 5 km nonstop atau angkat bebat berat setelah makan adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari. Karena hal ini dapat meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh. Selain itu juga dapat menyebabkan sakit perut dan kram.

7. Makan buah – buahan
Perut kita tidak dapat mencerna buah secara langsung setelah makan. Buah – buahan yang masuk kedalam perut akan diurai terlebih dahulu oleh tubuh karena pencernaannya yang lambat. Makanlah buah – buahan satu jam sebelum atau sesudah anda makan.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga