Index Labels

Home » Kesehatan» Lima Makanan Tinggi Lemak yang Justru Baik Untuk Kesehatan

Lima Makanan Tinggi Lemak yang Justru Baik Untuk Kesehatan

.
Lemak seringkali dikaitkan dengan sesuatu hal yang tidak sehat dan bikin gemuk. Tapi tidak semua lemak diciptakan sama sepeti itu, ada lemak – lemak tertentu yang justru baik untuk kesehatan. Mungkin anda sendiri juga pernah mendengar beberapa jenis lemak yang sebenarnya baik untuk kesehatan, jadi apa saja sih makanan berlemak yang sebaiknya anda makan? Berikut ulasannya:

1. Avocado (Alpukat)

Benar, avocado mengandung lemak tinggi sekitar 77%. Berdasarkan kalori, avocado bahkan lebih tinggi lemaknya dibandingkan kebanyakan makan hewani, itulah sebabnya buah ini dijuluki sebagai “Pir mentega”. Namun sebagian besar lemak yang terdapat pada avocado adalah jenis lemak tak jenuh tunggal, yang justru sangat baik dalam menurunkan kolesterol yang tidak sehat.

2. Keju

Keju adalah makanan yang sangat bergizi. Masuk akal, mengingat secangkir penuh susu murni digunakan hanya untuk membuat sepotong keju yang tebal. Keju merupakan sumber kalsium, vitamin B12, fosfor dan selenium serta mengandung berbagai macam nutrisi lainnya.

3. Minyak zaitun

Makanan berlemak lain yang banyak orang setuju memang menyehatkan adalah minyak zaitun. Hal ini biasanya digunakan dalam diet Mediterania (salah satu jenis diet yang paling diekomendasikan untuk gaya hidup yang sehat). Selain itu minyak zaitun juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung, tekanah darah tinggi dan jenis kanker tertentu. Bahkan penelitian terbaru yang dipublikasikan di Neurology menemukan bahwa memasak dengan minyak zaitun dapat menyehatkan jantung dan menggunakannya untuk lalapan dapat mengurangi resiko stroke.

4. Ikan lemak (fatty fish)

Dari namanya saja sudah berhubungan dengan “lemak”, namun jangan salah karena jenis ikan ini selain paling enak di luat juga makanan sehat. Ikan ini termasuk salmon, ikan trout, mackerel, sarden dan ikan haring (herring). Ikan ini sarat dengan omega-3, protein berkualitas tinggi dan segala macam nutrisi penting lainnya. Setudi menunjukkan bahwa orang yang sering makan ikan jenis ini cenderung lebih sehat, dengan rendahnya resiko terkena penyakit jantung, depresi, demensia dan segalam macam penyakit umum lainnya.

5. Telur

Telur merupakan sumber makanan sehat murah yang mengandung protein tinggi. Orang sering memilih putihnya telur saja karena berasumsi lebih sehat dibandingkan denganbagian telur lainnya. Memang benar, kuning telur mengandung lemak lebih banyak namun justru mengandung nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Sebutir telur mengandung 5 gram lemak, namun hanya 1,5 gram lemak jenuh. Seluruh bagian telur juga merupakan sumber kolin yang baik untuk kesehatan(satu kuning telur mengandung sekitar 300 mikrogram kolin), vitamin B yang sangat penting untuk mengatur kesehatan otak, sistem saraf dan sistem kardiovaskular.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga