Index Labels

Home » Kesehatan» Sains» Lima Tanaman Herbal Penurun Tekanan Darah Tinggi

Lima Tanaman Herbal Penurun Tekanan Darah Tinggi

.
Seperti yang kita tahu, tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami orang masyarakat modern saat ini. Sejumlah faktor seperti stress, pola makan, dan kurangnya olahraga menjadi penyebab utama kenapa seseorang bisa terkena penyakit tekanan darah tinggi.

Memiliki tekanan darah tinggi juga akan meningkatkan resiko mengalami beberapa masalah kesehatan lain seperti: serangan jantung, stroke, gagal ginjal, kehilangan penglihatan (buta), dan sindrom metabolis lainnya. Anda tidak harus menunggu penyakit itu datang, baru niat berobat. Mulailah mengambil langkah – langkah proaktif dan tindakan preventif sedini mungkin untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal. Dengan tubuh yang sehat, tentu kita akan memiliki kesempatan hidup yang lebih lama pula.

Mengonsumsi obat – obatan kimia biasanya hanya akan menyebabkan ketergantungan dan tidak dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi secara permanen, tentu hal ini hanya akan memperburuk situasi. Ada baiknya bagi anda untuk mempertimbangkan solusi alamiah guna menjaga agar tubuh tetap sehat dan seimbang. Berikut ini kami uraikan beberapa tanaman atau tumbuhan herbal yang cukup ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami jika dikonsumsi secara konstan dan teratur:

1. Bawang Putih

Tahukah anda jika bumbu dapur yang berbau tajam ini ternyata memiliki manfaat lain lebih dari sekedar penyedap makanan, ya bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena dapat melebarkan pembulu darah dan membuat aliran darah lebih lancar.

Anda dapat mencampurkan beberapa siung bawah mentah kedalam makanan sebagai tambahan. Namun jika anda tidak kuat dengan rasanya yang terlalu menyengat, anda bisa memanggangnya terlebih dahulu, yang penting jangan dimasak atau digoreng saja (kalo ini namanya mau buat masakan). Namun jika anda masih tidak kuat lagi untuk memakannya langsung, maka anda bisa membuatnya menjadi semacam bentuk suplemen (pill).

2. Lavender

Dengan memijat tubuh menggunakan minyak lavender, terutama pada bagian leher hingga punggung, secara dramatis anda dapat mengurangi tekanan darah tinggi sebesar 50%. Lavender bekerja sebagai vasodilator dengan merilekskan dan memperluas pembuluh darah. Dengan demikian tekanan darah akan semakin berkurang dan lancar.

3. Kemangi 

Kemangi sering digunakan sebagai campuran maupun penyedap rasa berbagai makanan misalnya pecel lele, tempe penyet, dan lain – lain. Selain itu ternyata kemangi juga menyimpan khasiat lain bagi kesehatan, yaitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ekstrak kemangi telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi, meskipun efeknya hanya sebentar. Dengan menambahkan kemangi yang masih segar dalam menu diet sehari – hari tentu akan lebih baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

4. Oregano

Oregano mengandung carvacrol alami yang sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mengurangi irama denyut jantung yang terlalu cepat.  Hal ini berati juga akan mengurangi tekanan pada arteri dan diastole serta sistolik. Oregano juga bisa digunakan sebagai garam alternatif dalam makanan kita sehari – hari, karena kandungan sodium dalam garam adalah salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

Mengonsumsi sodium dalam dosis yang tinggi tentu akan menyebabkan naiknya tekanan darah lebih cepat, sedangkan dalam setiap satu sendok teh garam mengandung 2.300 mg sodium. Bagi seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, dosis mengonsumsi sodium dibatasi hanya 1.500 mg per hari dan tidak boleh lebih.

5. Valerian

Valerian mengandung obat penenang alamiah karena dapat melemaskan otot – otot dan menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi valerian setiap hari akan membantu proses relaksasi secara keseluruhan dan menghilangkan stress. Proses ini, pada gilirannya, akan menurunkan tekanan darah seseorang yang mengalami hipertensi.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga