Index Labels

Home » Kesehatan» Lima Tanda Pada Tubuh yang Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

Lima Tanda Pada Tubuh yang Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

.
Layaknya sebuah mesin komputer super canggih yang bisa mengatur dirinya sendiri, tubuh manusia memiliki sistem yang sangat menakjubkan dan tersusun secara sempurna untuk mengatur semua fungsi dalam tubuh agar berjalan dengan baik. Tubuh akan mengirimkan suatu pesan atau sinyal jika ada sesuatu yang tidak beres dan dapat membahayakan kesehatan kita. Apa saja sinyal – sinyal kesehatan tersebut? Berikut kami sajikan lima tanda penting pada bagian tubuh yang tidak boleh anda hiraukan demi alasan kesehatan:
Tanda bercak pada kulit
Tanda bercak pada kulit
1. Gigi
Pergi ke dokter gigi secara rutin memang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi kita. Tidak hanya itu, melalui tanda – tanda yang muncul pada gigi kita juga bisa mendeteksi adanya suatu penyakit yang sudah bersemayam di dalam tubuh. Faktanya, perubahan kecil sekalipun dalam rongga mulut bisa menjadi salah satu indikator dini penyakit jantung, paru – paru, masalah pencernaan, dan lain – lain. Jangan pernah mengabaikan perubahan pada gigi dan gusi. Segera konsultasikan ke pihak medis jika merasakan ada yang tidak beres.

2. Kulit
Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh kita. Perubahan yang terjadi pada kulit akan terlihat langsung  oleh mata kita. Amatilah perubahan kulit anda, terutama sehabis mandi. Jika anda melihat ada bercak – bercak aneh, benjolan, perubahan warna kulit atau tahi lalat yang berwarna gelap, segera periksakan langsung ke dokter kulit sebelum terlambat. Karena bisa jadi, hal itu merupakan gejala awal penyakit melanoma.

3. Berat badan
Naik turunnya berat badan adalah fenoma biasa yang selalu terjadi dalam kehidupan kita sehari – hari. Hal ini tergantung dari asupan nutrisi, tingkat stress, gaya hidup, dan lain – lain. Namun, jika mengalami obesitas atau penurunan berat badan yang secara tiba – tiba, tentu hal ini tidak boleh dihiraukan. Saran terbaik adalah mengonsultasikannya langsung ke dokter (Ingat, Kesehatan itu tidak ternilai harganya). Jika berat badan mengalami kenaikan dalam waktu yang relatif singkat, mungkin itu adalah sinyal ketidakseimbangan hormon, tiroid, bisa juga ada masalah dengan jantung atau ginjal. Hal ini juga berlaku pada penurunan berat badan secara tiba – tiba.

4. Kuku
Kuku layaknya perhiasan yang indah di tangan, namun fungsinya juga sangat penting pada tubuh kita. Setiap ada perubahan pada kuku (tanpa disengaja) bisa mengindikasikan suatu penyakit tertentu. Jika saat ini anda memperhatikan ada perubahan pada kuku seperti warna, bentuk atau tekstur, maka secepatnya anda konsultasikan ke dokter.

5. Air seni
Warna air seni yang dikeluarkan di pagi hari dapat mengungkapkan tentang kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Bahkan, urin juga mengandung lebih dari 70% indikator masalah kesehatan yang anda alami. Selain itu, warna dan juga bau merupakan indikator yang tak kalah pentingnya untuk dicermati.

Jangan lupa bagikan artikel ini untuk kesehatan keluarga, sahabat dan teman - teman anda...
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga