Index Labels

Home » Sains» Unik» Video» 5 Fakta Menarik Tentang Para Penemu yang Jarang Diketahui

5 Fakta Menarik Tentang Para Penemu yang Jarang Diketahui

. . No comments:
Kehidupan sehari – hari kian hari bertambah semakin baik dan maju, semua itu adalah berkat ide – ide cemerlang dari para penemu hebat, baik yang hidup di masa lalu maupun sekarang. Dunia yang kita tinggali akan tampak berbeda dari sekarang jika bukan karena penemuan menakjubkan dari para ilmuan seperti mereka. Mereka telah mendorong dunia ilmu pengetahuan lebih maju, dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan yang awalnya dianggap mustahil atau misteri menjadi jelas dan bisa dibuktikan secara ilmiah. Ada banyak fakta menarik lain yang tidak banyak diketahui orang tentang para penemu ini. Apa saja fakta – fakta tersebut? Berikut beberapa diantaranya:

1. Marie Curie, penemu dan peneliti tentang radiasi

Merie Curie (Sumber)
Marie Curie adalah pelopor dalam bidang ilmu radiasi, dan tahukah anda? Sampai beliau telah tiada, makalah penelitiannya masih mengandung radioaktif yang sangat berbahaya bagi manusia. Untuk membuka kotak berlapis timah yang merupakan tempat penyimpanan naskah tersebut, anda harus mengenakan pakaian pelindung dan menandatangani surat perjanjian jika terjadi apa – apa.

Dalam sebuah penelitiannya, Merie Curie menemukan unsur polonium dan radium. Sejak saat itu, semua benda – benda yang berada disekitarnya termasuk makalah, furnitur, bahkan buku masak masih mengandung radioaktif sampai saat ini. Marie memutuskan untuk melakukan penelitian lebih lanjut pada sinar uranium yang sebelumnya ditemukan oleh Henri Becquerel sebagai bahan untuk tesisnya. Dia adalah satu – satunya orang yang pernah memperoleh hadiah Nobel dalam dua bidang ilmu sekaligus, yaitu fisika dan kimia.

2. Erno Rubik, penemu permainan Kubus Rubik yang sebenarnya dimaksudkan bukan untuk permainan
Erno Rubik Image source: gdb.voanews.com
Erno awalnya menciptakan kubus rubik untuk membantu menjelaskan geometri tiga dimensi, dengan membangun sebuah struktur dari potongan – potongan kotak kecil yang bisa bergerak secara mandiri tanpa berantakan. Dia tidak menyangka bahwa  alat ciptaannya itu  malah menjadi permainan terlaris sepanjang masa. Kubus Rubik terdiri dari 26 miniatur kubus kecil lainnya, yang bisa diubah posisinya dengan cara diputar – putar.

Kubus Rubik juga sempat mendapatkan penghargaan Toy of the Year pada tahun 1980 dan 1981.  Hal ini kemudian membuat Erno bekerja habis – habisan selama lebih dari sebulan untuk memecahkah teka – teki yang ia buat sendiri. Sebuah buku petunjuk untuk memecahkan Kubus Rubik menjadi buku terlaris di pasaran.

3. Rene Theophile Hyacinthe Laennec, penemu stetoskop yang berawal dari pengalaman unik
Rene Theophile Hyacinthe Laennec Image source: publicacionesmedicina.uc.cl
Tahukah anda? Rene awalnya menemukan stetoskop lantaran merasa tidak nyaman karena harus menempatkan wajahnya di dada pasien wanita secara langsung. Dia adalah seorang dokter asal Perancis yang menemukan stetoskop pada tahun 1816. Ide pembuatan stetosko muncul ketika ia mengamati sebuah kayu panjang yang dibuat untuk mainan anak – anak.

Laennec menghabiskan hingga tiga tahun untuk menyempurnakan penemuannya dengan melakukan pengujian melalui berbagai jenis bahan untuk membuat tabung. Tabung kayu Laennec adalah stetoskop pertama kalinya di dunia ini. Ia juga menyempurnakan seni pemeriksaan fisik pada area dada dan memperkenalkan banyak hal klinis yang masih terus digunakan dalam ilmu kedokteran sampai hari ini.

4. Rudolf Diesel, Penemu mesin Diesel yang bunuh diri lantaran ia berpikir penemuannya tidak akan berhasil
Rudolf Diesel Image source: www.corporate.man.eu
Pada awal tahun 1900-an, banyak pengamat menganggap mesin pembakaran tidak akan mampu menandingi posisi mobil bertenaga uap maupun mobil listrik. Rudolf Diesel yang menemukan mesin Diesel pada tahun 1890, akhirnya bunuh diri pada tahun 1913 karena ia terlanjur percaya dengan omongan para pengamat dan tidak yakin dengan penemuannya sendiri. Namun, dalam empat dekade setelah kematiannya, penemuannya tersebut justru malah mendominasi pasar mesin laut dan truk (pada tahun 1990-an). Hal ini kemudian membuat penjualan Diesel menjadi bagian yang sangat penting dari pasar otomotif Eropa.

5. Thomas Alva Edison, penemu bola lampu yang menyetrum gajah untuk menunjukkan bahayanya arus listrik AC (Alternating Current)

Perhatian: Video ini dimaksudkan sebagai bahan pembelajaran saja, karena zaman dahulu arus listrik AC belum diketahui bahaya atau tidak.

Pada bulan Januari tahun 1903, Thomas Alva Edison menunjukkan bahanya arus listrik bolak – balik dengan menyetrum seekor gajah bernama Topsy di kebun binatang Luna Park, Coney Island. Untuk menunjukkan bahwa arus DC (Direct Current) lebih baik dan “aman”, Edison mengatakan bahwa arus AC memiliki potensi mematikan dan dapat digunakan untuk menyetrum sesuatu. Topsy diberi makan wortel yang dicampur sianida dan kemudian disetrum dengan tegangan 6.000 colt AC. Eksekusi Topsy adalah tontonan umum, sekitar 1.500 orang menghadiri acar tersebut dan Edison sendiri bahkan merekam langsung momen tersebut.


Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.