Index Labels

Home » Kesehatan» Sains» Tiga Cara Mudah Mengetahui Telur yang Masih Segar

Tiga Cara Mudah Mengetahui Telur yang Masih Segar

.
Telur adalah sumber makanan bergizi yang kaya akan vitamin, protein, mineral, kalsium dan antioksidan alami. Namun sayangnya, tidak semua telur yang banyak dijual di pasaran seluruhnya segar atau sehat untuk dikonsumsi. Jika dilihat secara fisik (dari kulit luarnya), antara telur yang masih segar dan sehat dengan telur yang tidak sehat mungkin tidak ada perbedaan. Jika anda ingin benar – benar memastikan apakah telur yang anda simpan di lemari masih cukup segar atau tidak untuk dikonsumsi, Maka Anda bisa menggunakan beberapa metode sederhana berikut ini:
Cara mengetahui telur yang masih segar
Cara mengetahui telur yang masih segar
Metode pertamama:

Ambillah mangkuk kaca yang agak besar dan isi dengan air sampai hampir penuh. Secara perlahan – lahan masukkan telur ke dalam mangkuk dan amati apa yang terjadi.

- Telur yang masih segar akan tenggelam sepenuhnya ke dalam dan menempel di bagian dasar wadah atau mangkuk.

- Telur yang hampir busuk masih akan tenggelam, namun tidak sepenuhnya menempel ke dasar wadah. Dengan kata lain, ada bagian telur yang masih terangkat ke permukaan.

- Telur yang sama sekali tidak tenggelam atau mengambang dipermukaan air bisa dipastikan adalah telur yang sudah basi dan tidak layak untuk dikonsumsi. Sebaiknya buang saja telur ini karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Metode kedua:

- Ambillah sebutir telur kemudian letakkan didekat telinga anda. kocok – kocok dengan perlahan dan dengarkan suara yang ditimbulkan dari dalam telur.

- Jika anda tidak mendengarkan suara apa - apa berarti telur masih segar dan sehat untuk dikonsumsi.

- Namun jika anda mendengarkan suara aneh atau tidak biasa, berati telur sudah tua.

Metode ketiga:

- Ambillah telur yang ingin anda uji, pecah cangkang telur dan tuangkan isinya ke dalam mangkuk yang telah anda sediakan sebelumnya dan amati dengan seksama.

- Jika kuning telur mengumpul semuanya atau terlihat menggumpal, sementara bagian putih berada disekitarnya. Berarti telur masih segar dan lezat untuk dikonsumsi.

- Jika kuning telur terlihat mengumpul namun ada bagian lainnya yang tercecer dan menempel di bagian putihnya. Itu menandakan telur sudah tua, namun masih cukup layak untuk dikonsumsi.

- Jika kuning telur terlihat sudah encer dan menyebar kemana – mana, sementara bagian putihnya juga terlihat berair. Itu menandakan berarti telur sudah terlalu kadaluarsa dan tidak layak konsumsi.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga