Index Labels

Home » Kesehatan» Cara Mudah Hilangkan Pestisida dari Buah dan Sayuran

Cara Mudah Hilangkan Pestisida dari Buah dan Sayuran

.
Tahukah anda sekitar 65% buah dan sayuran impor yang banyak dijual di pasaran masih mengandung sisa pestisida. Bahan kimia ini bisa menjadi sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh kita karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kanker, gangguan ginjal, tumor dan beberapa penyakit mematikan lainnya. Mencuci dengan air saja tidak cukup untuk menghilangkan bahan kimia yang masih menempel pada buah dan sayuran anda. Lantas bagaimana dong, cara yang benar menghilangkan sisa pestisida agar buah dan sayuran aman untuk dikonsumsi?.
 
Cara Hilangkan pestisida dari buah dan sayuran
Membersihkan buah apel dari sisa pestisida
Ada cara yang mudah dan murah untuk menghilangkan bahan kimian jahat tersebut, cukup dengan menggunakan air bersih dan cuka secukupnya. Gayle Povis Alleman, seorang ahli diet yang sudah terdaftar menyarankan agar merendam buah sayur – sayuran terlebih dahulu dengan larutan cuka 10% dan air 90%. Caranya, campurkan air dan cuka kedalam sebuah wadah (mangkuk). Kemudian Rendam buah dan sayuran tersebut kedalam larutan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit, setelah itu cuci lagi dengan air bersih dan buah siap dikonsumsi dengan aman dan sehat.

Sesaat setelah mengambil buah atau sayuran, anda akan melihat air berubah menjadi kotor dan keruh akibat sisa – sisa pestisida dari buah – buahan. Perlu diingat, anda tidak boleh terlalu lama merendam buah atau sayuran lebih dari 20 menit karena buah atau sayuran tersebut akan beraroma cuka. Teknik ini telah dibuktikan secara ilmiah bahwa cuka mampu membunuh 98% bakteri maupun pestisida yang masih tersisa pada buah dan sayuran.

Menurut The Center for Science and Envirinment (CSE), mencuci dengan rendaman air garam juga bisa membersihkan sebagian besar sisa pestisida yang biasanya tampak dipermukaan buah atau sayurah.

  
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga