Index Labels

Home » Kesehatan» Gejala Kanker Payudara yang Bisa Dilihat Secara Fisik

Gejala Kanker Payudara yang Bisa Dilihat Secara Fisik

.
Gejala Kanker Payudara yang Bisa Dilihat Secara Fisik - Kanker payudara saat ini telah menjadi momok paling menakutkan yang secara umum lebih banyak dialami oleh wanita. Statistik menunjukkan bahwa sekitar 14% penyakit kanker yang ada di dunia ini adalah kanker payudara. Diperkirakan sebanyak 232.670 perempuan didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 2014.
Tanda - tanda kanker payudara
Tanda - tanda kanker payudara
Hal ini tentu sangatlah penting untuk mempelajari dan memahami tubuh kita sendiri, terutama tentang anatomi payudara dan bagaimana fungsinya. Sehingga kita pun bisa memahami perubahan apa yang normal dan tidak normal. Payudara tersusun dari lemak dan jaringan payudara, saraf, pembuluh darah, serta jaringan otot yang membantu segala sesuatunya. Pada proses penuaan, tampilan dan fungsi payudara akan mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Gejala awal kanker payudara juga bisa dilihat dan dirasakan dari ciri – ciri fisik yang tampak di sekitar payudara. Diharapkan hal ini nantinya akan memberi pemahaman lebih dan bisa cepat – cepat dilakukan tindakan preventif  sebelum semuanya terlanjur parah. Apa saja ciri – ciri tersebut, berikut diantaranya:

- Pertama dan yang paling umum, tanda – tanda kanker payudara adalah munculnya Benjolan Asing di payudara.

9%  benjolan ini bersifat masih jinak, dan seringkali disalahartikan sebagai kista. Kista payudara umumnya adalah kantung yang berisi cairan dalam jaringan payudara. Untuk memastikan benjolan tersebut bebahaya atau tidak?, Jangan menunda – nunda lagi untuk memeriksakannya ke dokter.

- Benjolan lain yang muncul disekitar payudara, misalnya di dekat ketiak. Hal ini bisa dideteksi dengan pemeriksaan diri secara teratur terhadap kanker payudara.

- Adanya suatu perubahan terhadap bentuk atau ukuran yang tidak biasa, baik  pada payudara satu maupun keduanya.

- Terasa nyeri di bagian payudara atau ketiak, diluar periode menstruasi anda.

- Keluarnya cairan

 Jika tiba – tiba melalui puting keluar darah atau susu padahal sedang tidak menyusui, maka secepatnya anda harus memeriksakan ke dokter.

- Munculnya cekung atau tonjolan kecil kedalam di payudara

kerapkali orang menyebutnya sebagai “kulit jeruk” karena adanya kemiripan dalam penampilan. Tonjolan kedalam di payudara bisa jadi adalah gejala kanker payudara, jika kemunculannya secara tiba – tiba atau bukan tanda lahir.

- Ruam dan kemerah – merahan

Tanda – tanda tersebut termasuk ruam disekitar puting, dan kemerah – merahan atau pembesaran kelenjar getah bening dibawah ketiak.

Gambar dibawah ini adalah sebuah ilustrasi terbaik yang merangkum tanda – tanda kanker payudara baik yang terlihat maupun tersembunyi.
Ilustrasi kanker payudara melalui buah jeruk
Ilustrasi kanker payudara melalui buah jeruk
12 tanda kanker payudara yang diilustrasikan dari buah jeruk diatas maksudnya adalah: A. Pengerasan (payudara terasa keras atau kaku), B. Pinching ( jepitan atau cekungan di payudara), C. Erosi atau pengikisan bentuk payudara, D. Kemerah – merahan dan terasa panas, E. Keluar cairan asing, F. Cekungan – cekungan kecil, G. Kerutan, H. Munculnya pembuluh darah, I. Retraksi (penarikan puting kedalam), J. Tidak simetris, K. Muncul gunungan yang mirip kulit jeruk, L. Benjolan yang tak terlihat.

Parah tidaknya kanker payudara tergantung dari seberapa cepat kanker tersebut didiagnosa oleh dokter. Sehingga, hal ini sangatlah penting untuk melakukan pemeriksaan sedini mungkin tanpa menunggunya jika sudah terlanjur parah. Dan artikel ini menunjukkan kepada anda bagaimana cara pemeriksaan awal terhadap kesehatan payudara sendiri di rumah.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga