Index Labels

Home » Kesehatan» Lima Kebiasaan yang Sama Buruknya Seperti Merokok

Lima Kebiasaan yang Sama Buruknya Seperti Merokok

.
Banyak mereka yang non perokok beranggapan bahwa hanya dengan menjauhi asap rokok saja sudah cukup untuk menjalani pola hidup sehat, namun mereka seringkali malah mengabaikan kebiasaan hidup tidak sehat lain yang dibuat sendiri setiap hari. Perbedaannya adalah pada “mekanisme” dari dampak jangka panjang terhadap kesehatan tubuh. Berikut adalah lima kebiasan yang sama – sama berbahayanya seperti merokok:
Kebiasaan yang Sama Buruknya Seperti Merokok
Wanita duduk malas - malasan sambil merokok
Duduk berlama – lama (sepanjang hari)

Banyak dari kita sering melakukan kebiasaan ini karena memang tuntutan pekerjaan, dan ada beberapa orang lainnya menghabiskan waktu berjam – jam duduk berlama – lama didepan TV atau bermain komputer. Tahukah anda, gaya hidup seperti ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, diabetes, kanker, dan bahkan depresi. Studi menunjukkan bahwa duduk terlalu lama meningkatkan resiko kematian dini, ngeri kan?. Untuk mengatasinya, cobalah mangkat (bangun) dari tempat duduk secara berkala, minum segelas air putih atau meregangkan kaki minimal selama 10 menit saat makan siang.

Minum – minuman ringan (Soft drinks)

Menginsumsi secara teratur minum – minuman manis dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular, meskipun anda tidak memiliki masalah berat badan berlebih sekalipun. Selain itu, dosis tambahan pada gula juga dapat memicu penyakit diabetes, gangguan mental, kolestrol dan tekanan darah tinggi. Jika anda ingin meminum jus, pilihlah dari buah yang masih segar dan tanpa diberi tambahan pemanis buatan.

Kurang tidur

karena saking sibuknya, banyak orang kemudian melewatkan jam tidur yang semestinya. Tahukah anda, kurang tidur dapat menyebabkan obesitas dan tekanan darah tinggi karena tubuh kita akan mengeluarkan kortisol yang lebih dari biasanya. Kondisi ini akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke sejak dini. Cobalah untuk memiliki jam tidur satu jam lebih lama dari yang anda miliki saat ini, atau jika anda bisa, 20 menit tidur siang dalam sehari akan lebih baik.

Menggunakan Sunbed

Sebagian dari anda mungkin belum tahu bahwa mengggunakan sunbed dapat meningkatkan resiko penyakit kanker kulit. Orang dibawah usia 30 tahun yang menggunakan sunbed memiliki resiko 75% lebih rentan terkena melanoma, dan lebih dari 400.000 kasus kanker kulit berkaitan secara langsung dengan penggunaan sunbed.

Terlalu banyak makan daging

Para ahli gizi sudah sampai pada kesimpulan bahwa orang yang menjalani diet tinggi protein hewani, memiliki empat kali kemungkinan meninggal dini akibat kanker dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan makanan harian berasal dari tumbuh – tumbuhan. Jika anda memang menyukai makan – makanan daging, sehari dalam seminggu itu paling tidak agar memiliki tubuh yang tetap sehat dan prima sampai hari tua.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga