Index Labels

Home » Kesehatan» Minum Segelas Air Setelah Bangun Tidur Bisa Berbahaya, Jika?

Minum Segelas Air Setelah Bangun Tidur Bisa Berbahaya, Jika?

.
Sudah menjadi kebiasaan lama banyak orang bahwa sejak kecil kita pasti diajari agar kita minum segelas air putih segera setelah bangun tidur. Namun apakah anda memiliki kebiasaan minum segelas air putih dari gelas yang anda letakkan di meja dekat tempat tidur anda?. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kebiasaan ini ternyata malah memiliki efek buruk bagi kesehatan.
Manfaat minum air setelah bangun tidur
Menaruh segelas air dekat tempat tidur
Dikatakan berbahaya jika air yang anda minum tersebut memiliki rasa yang aneh dan berbeda. Tentu bagi anda yang sudah terbiasa melakukan rutinitas minum air setelah bangun tidur pasti pernah merasakan kondisi seperti ini, dimana rasanya berubah menjadi  agak aneh dan tidak biasa padahal anda sendiri tidak menambahkan sesuatu apapun ke dalam air sebelumnya. Diduga air dalam gelas tersebut telah terkontaminasi dengan sejumlah besar debu dan bakteri di sekitarnya.

Ketika air terkena udara, ia akan menyerap karbon dioksida dan sebagian kecil dari CO2 tersebut diubah menjadi asam karbonat. Hal ini berarti, air yang terpapar oleh udara luar tersebut telah mengalami perubahan komposisi kimiawi. Ketika asam karbon melepaskan satu atau dua proton, maka proses tersebut akan berubah secara kimiawi menjadi karbonat atau bikarbonat, yang dapat menurunkan pH air. Dengan demikian, air akan mengalami perubahan rasa.

Seperti yang kita tahu, tubuh memerlukan kadar pH yang seimbang agar tetap sehat dan dapat bekerja secara maksimal sesuai fungsinya. Jika kita mengonsumsi air yang memiliki pH tidak seimbang secara terus menerus, bisa – bisa kebiasaan seperti malah akan membahayakan kesehatan anda sendiri dalam jangka waktu lama.

Hal ini bukan berarti minum air putih setelah bangun tidur memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan sepenuhnya, bukan. Namun semua itu lebih tergantung dari sumber air yang anda minum, jika air tersebut bersih, sehat dan tidak mengalami perubahan rasa (karena terkontaminasi sesuatu, misal debu dan bakteri), tentu saja sangat disarankan dan baik bagi kesehatan. Namun sebaliknya, jika sumber air tersebut ‘diduga’ kotor atau sudah terkontaminasi, maka hal ini tentu malah bisa merugikan kesehatan.

Sumber referensi: healthadvisorgroup

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga