Index Labels

Home » Dunia» Video» Sinkhole Mendadak Muncul dan Menelan Perkemahan di Australia

Sinkhole Mendadak Muncul dan Menelan Perkemahan di Australia

.
Fenomena – fenomena alam aneh yang sering terjadi akhir – akhir ini kian meresahkan. Sinkhole adalah fenomena alam amblesnya tanah secara tiba – tiba yang mengakibatkan lubang raksasa menganga sangat dalam dan akan menyedot apapun yang berada di atasnya. Baru – baru ini, fenomena sinkhole juga terjadi di Queensland, Australia, sejumlah tenda perkemahan milik wisatawan  termasuk mobil yang di parkir diatasnya ambles tersedot masuk ke dalam lubang.
 
Lubang raksasa menelan perkemahan di Australia
Lubang raksasa menelan perkemahan di Australia
Sekitar 140 orang yang ikut berlibur disana terpaksa harus diungsikan dari lokasi perkemahan di pantai Inskip saat lubang raksasa tersebut tiba – tiba muncul sekitar pukul 11 malam waktu setempat pada hari Sabtu kemarin. Beruntung, peristiwa mengerikan ini tidak sampai menelan korban jiwa.

Dalam sebuah rekaman video yang diambil lewat helikopter penyelamat, terlihat beberapa wisatawan sedang menonton kejadian dan mengambil foto di area lubang raksasa tersebut. Tak lama kemudian seorang wanita muncul dan berteriak pada orang – orang agar berdiri dan keluar dari area tempat kejadian.

Salah seorang wisatawan yang berhasil selamat dalam peristiwa tersebut menceritakan pengalamannya di Facebook, “Yep, sulit dipercaya kami bisa keluar, Saya berpikir kami pasti akan mati ”, tulis Melanie Wotherspoon.

Queensland Parks and Wildlife Services (QPWS) mengatakan lubang raksasa tersebut memiliki kedalaman sekitar tiga meter, luasnya mencapai 150 meter dan menelan sebagian besar tenda perkemahan MV Beagle milik para wisatawan. Seiring dengan munculnya lubang raksasa tersebut, para wisatawan mendengar suara keras bergemuruh seperti guntur.

Peneliti dari Universitas Australia Dr. Armstrong Osborne mengatakan kepada Autralian Nine News seperti dilansir Theweek, bahwa peristiwa tersebut tidak menampilkan layaknya sinkhole pada umumnya, yang disebabkan karena longsornya gua yang terbuat dari batu mudah retak (soluble rocks).

“Apa yang saya lihat dalam gambar tersebut menunjukkan seperti ada suatu tonjolan yang sangat besar menerobos dari dalam, dan hal itu mungkin karena kerusakan yang disebabkan oleh laut. Namun sampai saya bisa menemukan sendiri apa landasan sebenarnya di garis pantai tersebut, hal itu tidak cukup jelas apa yang sebenarnya terjadi”. Kata Dr. Osborne.


Fenomena sinkhole ini telah menjadi ancaman baru yang menakutkan bagi banyak orang. Dalam beberapa tahun terakhir, lubang – lubang raksasa dengan ukuran yang hampir sama persis dilaporkan muncul di China dan Amerika, di Florida seorang pria menjadi korban dan terkubur hidup – hidup pada tahun 2013 lalu 

Berikut video fenomena lubang raksasa yang terjadi di Australia Sabtu kemarin:


Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga