Index Labels

Home » Kesehatan» Anda Punya Masalah Cantengan? Ini Cara Tepat Mengobatinya

Anda Punya Masalah Cantengan? Ini Cara Tepat Mengobatinya

.
Kuku tumbuh ke dalam atau biasa disebut cantengan adalah kondisi dimana sisi bagian kuku tumbuh masuk ke dalam kulit di sekitarnya. Meskipun tampak sepele, cantengan bisa sangat menyakitkan jika tidak ditangani secara benar. Cantengan biasanya terjadi akibat pemakaian sepatu atau kaus kaki yang ketat, kurang menjaga kebersihan kaki, kebiasaan menendang (dengan kaki), kelainan bentuk kuku atau pemotongan kuku yang tidak benar.
Perawatan kuku cantengan dengan jel lidah buaya
Perawatan kuku cantengan dengan jel lidah buaya
Kuku yang tumbuh ke dalam tersebut dapat menyebabkan peradangan disertai dengan gejala seperti kemerah – merahan, pembekakan dan rasa nyeri yang tak tertahankan. Oleh karena itu, mereka yang memiliki kuku cantengan pasti anti sekali untuk memakai sepatu atau kaus kaki karena rasa sakitnya akan bertambah luar biasa. Penanganan tidak tepat dapat menyebabkan nanah yang diakibatkan infeksi terbentuk sangat dalam dibawah kulit, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit yang lebih parah lagi dan komplikasi lanjutan.

Jika anda ke rumah sakit, maka dokter pertama kali akan memberikan kepada anda resep antibiotik. Jika tidak diperoleh kesembuhan yang signifikan, maka anda harus menjalani operasi untuk pengangkatan penuh atau sebagian saja dari kuku anda.

Namun, seringkali pengobatan konvensional tidak selalu berhasil, bahkan setelah operasi masalah yang sama bisa saja terjadi lagi  (kambuh) setelah beberapa waktu.  Oleh karena itu, segera setelah anda melihat tanda – tanda atau gejala awal kuku cantengan ini, agar mengoleskan gel lidah buaya pada daerah kuku yang terkena cantengan.

Prosedurnya cukup sederhana: carilah sebuah wadah (tutup) plastik yang memiliki ukuran pas dengan daerah kuku anda yang cantengan. Wadah ini kemudian diisi dengan jel lidah buaya dan pergunakanlah untuk membungkus area kuku yang cantengan. Pakailah kaus kaki untuk menjaga kedudukan tutup plastik  agar tidak mudah jatuh. Biarkan jel lidah buaya melekat setidaknya selama 12 jam di jari kuku anda. ulangi prosedur ini setiap hari sampai infeksi benar – benar sudah menghilang atau sembuh.

Jel lidah buaya mengandung bahan antiseptik, anti peradangan, anti bakterial agent alami yang memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit, melembabkan, dan sekaligus melembutkan kulit. untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda harus rutin melakukan perawatan dengan jel lidah buaya ini setiap hari. Demikian tips ini kami sajikan, semoga bermanfaat untuk anda sekalian.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga