Index Labels

Home » Kesehatan» Inilah Bahayanya Tidur dalam Keadaan Rambut Masih Basah

Inilah Bahayanya Tidur dalam Keadaan Rambut Masih Basah

.
Pernahkah anda langsung tidur dalam keadaan rambut masih basah setelah keramas?. Jika iya, mulai sekarang anda harus menghentikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian, tidur dalam keadaan rambut masih basah dapat memicu penyakit flu, sakit tenggorokan, pilek dan batuk disertai iritasi, terutama pada saat musim dingin atau penghujan.

Bahayanya Tidur dalam Keadaan Rambut Masih Basah
Rambut basah setelah keramas
Dalam kasus misalnya anda tidur di sebuah ruangan dengan suhu yang hangat, hal ini tidak masalah dan tidak menimbulkan bahaya apapun jika anda menginginkan langsung tidur dalam keadaan rambut masih basah. Namun, jika ruangan tersebut memiliki suhu yang dingin atau pada saat musim penghujan, maka anda harus berhati – hati karena kulit kepala akan kehilangan sejumlah besar energi panas.

Ada tiga alasan utama, mengapa sebaiknya anda harus mengerikan rambut terlebih dahulu sebelum tidur:

1. Sakit kepala
Dalam kondisi tidur REM (Rapid Eye Movement Sleep), suhu tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Dengan begitu tubuh akan menjadi panas dan efek kelembapan yang diciptakan (jika rambut dalam kondisi masih basah) dapat memicu terjadinya sakit kepala kronis.


2. Infeksi
Bantal yang anda gunakan pada saat tidur menjadi  tempat yang ideal untuk perkembangbiakan bakteri karena menyerap keringat, sel – sel mati dan minyak alami yang dikeluarkan dari kulit anda. Rambut yang basah tentu akan membahasi bantal pula, kondisi ini akan menciptakan tempat yang sempurna untuk mengembangkan infeksi.


3. Kerusakan rambut
Saat masih basah, rambut dapat rusak dengan lebih mudah. Oleh karena itu, tentu saja hal ini juga dapat memengaruhi penampilan anda secara keseluruhan. 

Pada intinya, Sangat disarankan agar sebisa mungkin menghindari tidur dalam keadaan rambut masih basah, karena hal ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan mulai dari yang ringan hingga kronis. Dan juga jangan sekali – kali pergi ke kamar tidur pada saat rambut masih basah menetes. Setidaknya keringkan terlebih dahulu dengan kain atau handuk, terutama wanita yang memiliki rambut panjang.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga