Index Labels

Home » Kesehatan» Ketahui Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Rumah

Ketahui Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Rumah

.
Barangkali anda juga pernah mendengar sebelumnya jika menjemur pakaian di dalam rumah itu kurang baik. Hal itu memang benar adanya, karena proses penguapan dari cucian yang dikeringkan dapat berdampak buruk pada kesehatan kita.
 
Bahaya Menjemur pakaian di dalam rumah
Menjemur pakaian di dalam rumah
Ada sebuah kisah nyata yang dialami oleh seorang pria bernama Craig Mather (43) dari Bolton, pria ini awalnya tidak percaya dengen efek buruk yang ditimbulkan jika menjemur pakaian di dalam rumah. Meski sudah diperingati beberapa kali, ia tetap tidak percaya dan terus melakukan kebiasannya tersebut berulang – ulang. Tak lama kemudian, ia menderita penyakit infeksi paru – paru parah dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter, ternyata di dalam paru – parunya telah tumbuh spora jamur yang disebabkan karena menghirup uap baju cucian yang ia jemur menggunakan pemanas di ruang tamu rumahnya.

“saat ini saya sudah mulai pulih, setelah didiagnosa menderita aspergilosis paru – paru kronis. Dokter memberiku sejumlah obat tertentu untuk melawan infeksi jamur”. Kata bapak tiga anak tersebut, seperti dilansir parentdish.co.uk.

Lebih lanjut dokter mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa bertambah buruk jika ia tidak segera menghentikan kebiasaan menjemur pakaian di dalam rumah selama 12 bulan terakhir. Namun saat ini ia mengalami peningkatan kesehatan yang cukup signifikan karena telah dilakukan penanganan yang tepat sebelum terlambat.


Pengalamannya ini adalah salah satu dari sekian banyak kasus lain yang belum terungkap. Para ahli kesehatan memeringatkan bahwa mengeringkan pakaian di dalam rumah dapat menimbulkan resiko kesehatan yang serius. Mengeringkan pakaian dengan radiator (pemanas ruangan) dapat meningkatkan kelembaban di dalam rumah hingga 30 persen dan menciptakan kondisi yang ideal untuk pengembangan spora jamur.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga