Index Labels

Home » Kesehatan» Sains» Manfaat Mencengangkan Buah Kiwano Bagi Kesehatan

Manfaat Mencengangkan Buah Kiwano Bagi Kesehatan

.
Kiwano atau disebut juga dengan melon bertanduk adalah jenis buah dengan bentuk dan tampilan aneh, yang habitat aslinya berasal dari Afrika Selatan. Buah ini kemudian diperkenalkan ke belahan dunia lain seperti Australia dan Selanida Baru, pada saat itulah buah tersebut diberi nama Kiwano karena bentuknya yang agak mirp – mirip dengan buah Kiwi.
Manfaat buah kiwano bagi kesehatan
Buah Kiwano
Beberapa manfaat kesehatan paling mengesankan dari Kiwano termasuk diantaranya dapat meningkatkan kemampuan kognitif, mencegah beberapa penyakit kronis, membantu menurunkan berat badan, melindungi kulit agar tetap sehat, meningkatkan metabolisme, meningkatkan kesehatan mata, menguatkan tulang, mengoptimalkan pencernaan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Bijinya juga mengandung konsentrasi tinggi akan nutrisi dan senyawa organik yang membuat buah tersebut menjadi begitu menyehatkan. Di Afrika, Kiwano dianggap sebagai buah yang sangat berharga karena dapat mengatasi kekurangan pangan di Afrika, karena dapat mentimpan sejumlah besar air di saat musim kemarau dan juga dapat tumbuh dalam lingkungan dengan kondisi yang memprihatinkan (sangat panas). Buah ini telah tersebar luas dari habitat aslinya dan sudah banyak di tanam ualng di berbagai belahan dunia ini karena manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Berikut ini beberapa manfaat buah Kiwano bagi kesehatan yang bisa membuat anda tercengan:

- Menurunkan Berat Badan

Kiwano memiliki kandungan air sebanyak 80%, orang yang memiliki masalah berat badan seringkali memilih Kiwano sebagai menu diet utama karena kandungan nutrisinya yang tinggi serta dapat mencegah rasa lapar. Cukup dengan mengonsumsi buah Kiwano setiap hari, anda yang memiliki masalah berat badan akan langsung merasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif singkat.

- Antioksidan Alami

Terdapat kandungan tinggi alpha-tocopherol ditemukan pada buah kiwano, yang merupakan bentuk antioksidan kuat dari Vitamin E. Hal ini sangat penting untuk kesehatan saraf dan pembuluh darah. di sisi lain juga dapat mengeluarkan dan menetralkan radikal bebas efek samping dari produk yang dapat menyebabkan penyakit jantung hingga kanker.

- Meningkatkan Kesehatan Mata

Jumlah signifikan dari vitamin A yang ditemukan dalam kandungan buah kiwano menjadikannya sebagai pendongkrak utama dalam meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A adalah jenis karotenoid, yang bertindak sebagai antioksidan untuk mata, menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan degenerasi makula, serta dapat memperlambat atau mencegah perkembangan katarak.

- Fungsi Kognitif

Meskipun banyak nutrisi lain berbeda yang dapat mempengaruhi otak, vitamin E secara khusus telah terbukti mampu memperlambat timbulnya penyakit Alzheimer dan dimensia (kepikunan). Tingginya jumlah tokoferol yang terkandung dalam buah kiwano membuatnya menjadi makanan favorit bagi kaum muda maupun tua yang ingin menjaga pikiran mereka agar tetap tajam dan sehat.

- Meningkatkan Proses Metabolisme

Zink merupakan mineral yang sering terabaikan dalam kesehatan manusia, namun memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan metabolisme, setta dalam memproduksi protein yang diperlukan untuk penyembuhan luka dan perbaikan organ, jaringan otot, pembuluh darah serta sel – sel dalam tubuh.

- Proses Penuaan

Antara vitamin A, vitamin C, antioksidan alami dan senyawa organik yang melimpah, kiwano adalah solusi mudah untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda, baik dari dalam maupun diluar. Melon bertanduk ini dikenal memiliki kemampuan untuk melindungi keutuhan kulit dan mengurangi bintik – bintik karena tua dan keriput. Manfaat lai untuk kulit juga dapat menyamarkan atau menghilangkan bekas luka.

- Stress dan Kecemasan

Hasil dari sebuah penelitian membuktikan adanya hubungan antara senyawa organik dalam buah kiwano dengan proses regulasi hormon dalam tubuh, terutama adrenalin dan hormon stress lainnya. Jika anda menderita stress kronis atau selalu merasa cemas, makan buah kiwano dengan cepat dapat mengurangi beban pikiran dan mengembalikan tubuh anda dalam kondisi yang tenang dan santai.

- Proses Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah kiwano membuatnya menjadi menu yang ideal dalam membantu melancarkan proses pencernaan. Serat makanan membantu untuk merangsang gerak peristaltik, membersihkan saluran pencernaa, menjaga pergerakan usus tetap teratur, mencegah kram, kembung, sembelit dan kondisi yang lebih serius seperti radang lambung hingga kanker usus besar. Serat makanan juga merupakan elemen penting bagi kesehatan jantung, karena mebantu mengatur tingkat kolesterol dalam tubuh. Bahkan membantu mengatur respon insulin sehingga dapat mencegah diabetes.

- Meningkatkan Kekuatan Tulang

Kiwano juga mengandung mineral yang tinggi, terutama kalsium, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tylang serta mencegah timbulnya osteoporosis. Sementara mineral lainyya yang terdapat dalam buah kiwano seperti zink, juga sangat penting dalam mebantu perkembangan, pertumbuhan, perbaikan dan keutuhan tulang. Kalsium adalah mineral yang paling diperlukan untuk kesehatan tulang kita.

Saran Sebelum Mengonsumsi Buah Kiwano:

Buah kiwano yang belum benar – benar matang rasanya pahit, pada saat ini buah mengandung sejumlah dosis tinggi bahan kimia alami berbahaya. Namun ketika buahnya sudah matang, bahan kimia tersebut akan hilang dan justru berubah menjadi sangat menyehatkan. Efek yang ditimbulkan jika mengonsumsi buah kiwano yang belum matang seperti sakit perut, sakit kepala dan demam. Jadi untuk mengonsumsi buah ini, sebaikya pilihlah yang benar – benar sudah matang.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga