Index Labels

Home » Kesehatan» Sains» Manfaat Tak Terduga Tanaman Krokot Bagi Kesehatan

Manfaat Tak Terduga Tanaman Krokot Bagi Kesehatan

.
Krokot atau nama ilmiahnya  Portulaca oleracea adalah jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di area pesawahan maupun pekarangan rumah Anda. Siapa sangka, tanaman yang sering disia – siakan  ini ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan kita. Orang Jawa menyebutnya sebagai “Kiokot”, biasanya dimanfaatkan untuk makanan jangkrik atau pakan hewan ternak seperti kambing atau sapi. Selain itu, krokot hanya dianggap  sebagai tanaman tidak bermanfaat apa – apa yang tumbuh subur seperti halnya rumput liar lainnya.
Tanaman Krokot
Tanaman Krokot
Mengulik sedikit sejarah krokot dan penyebarannya di masa lalu. Pada awalnya,tanaman ini pertama kali di budidayakan di wilayah India dan Persia. Mereka mengolahnya sebagai bahan makanan dan juga ramuan obat – obatan tradisional. Tak berapa lama, krokot kemudian menyebar seantero dunia dan banyak tumbuh subur termasuk di tanah Indonesia. Namun karena kurangnya pengetahuan dan informasi, banyak orang kemudian menyia – nyiakan begitu saja tanaman ini tanpa memperoleh manfaat yang sesungguhnya.

Batang dari tanaman krokot biasanya berwarna merah keungu – unguan, daun berdaging dan seringkali memiliki bunga yang berwarna kuning. Tanaman krokot sangat luar biasa karena mereka mampu hidup hingga lebih dari 40 tahun dan mampu tumbuh dengan subur di atas permukaan tanah yang terbilang kering. Ketahanan luar biasa yang dimiliki krokot ternyata juga menimbulkan manfaat yang sama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia dan kesehatan secara keseluruhan.

Krokot mengandung asam lemak Omega 3 lebih banyak dari minyak ikan. Tanaman ini juga kaya akan vitamin A, satu tungkat lebih tinggi  diantara sayuran berdaun hijau lainnya (1320 IU/100g, memberikan 44% RDA). Makanan yang kaya akan vitamin A tinggi dapat membantu melindungi kita dari berbagai jenis kanker dan meningkatkan kesehatan mata.

Selain itu, krokot juga mengandung dua jenis pigmen alkaloid betalain, yaitu beta cyanis berwarna kemerahan dan beta xanthins berwarna kuning. Keduanya sama – sama memiliki fungsi antioksidan dan anti mutagen. Dengan semua manfaat gizi yang dimiliki tanaman kiokot ini, setidaknya kita bisa menghemat uang jutaan rupiah hanya sekedar  membeli suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan sehari – hari.
Advertisement:

Advertisement: