Index Labels

Home » Teknologi» Hebat, Usia 9 Tahun Sudah Menjadi CEO dan Hacker Profesional

Hebat, Usia 9 Tahun Sudah Menjadi CEO dan Hacker Profesional

.
Perkenalkan, nama anak ini adalah Reuben Paul asal Austin, Texas, Amerika Serikat, dan usianya baru menginjak sembilan tahun. Namun siapa sangka, anak yang baru duduk di bangku sekolah dasar kelas tiga ini ternyata adalah seorang CEO dari perusahaan aplikasi dan games bernama “Prudent Games”.  Selain memimpin sebuah perusahaan, dia juga dikenal luas sebagai seorang hacker profesional dan ahli keamanan dunia maya (Cyber Security).
Reuben Paul saat memberikan pidatonya di Konferensi Ground Zero
Tahun lalu saat menghadiri konferensi Ground Zero, Paul diundang untuk menyampaikan pidatonya dalam rangka memperingati Hari Anak Dunia. Bahkan tahun ini, dia telah menjadi satu – satunya peserta termuda yang menghadiri salah satu konferensi hacker terbesar di dunia tersebut.

Dia menghadiri konferensi yang diadakan di Hotel Ashok di New Delhi, sebagai “duta khusus” untuk mendorong anak – anak agar lebih banyak belajar tentang cyber security. Mengutip salah satu ungkapan dari superhero favoritnya, Spiderman, Ruben mengatakan: “Dengan keahlian hacking yang luar biasa, kamu mendapatkan kekuatan. Dan dengan kekuatan yang besar, akan ada tanggung jawab yang besar pula”.

“Dengan segala permasalahan pelanggaran data, cyberbullying, dan jenis serangan lainnya yang terjadi di internet. Penting bagi kita untuk mengajar anak – anak dan mendidik mereka tentang bahaya – bahayanya, sehingga mereka dapat melindungi diri mereka sendiri”.

Berbicara saat konferensi, kepala tuan rumah Perdana Menteri Rajnath Singh, menyebut World Wide Web sebagai dimensi keamanan kelima dan mempertahankannya harus menjadi prioritas utama kita.

Perusahaannya “Prudent Games” membuat permainan – permainan yang mengombinasikan antara hiburan atau kesenangan dengan konten – konten yang berorientasi pada pendidikan.

“Ruben terpililih sebagai anak yang berbakat dan bertalenta dalam sebuah acara pendidikan yang diselenggarakan oleh Sistem Pendidikan Texas, dan harus membuat sebuah aplikasi game. Disaat teman yang lainnya memilih membuat boardgames dan semacamnya, Ruben yang begitu tertari dengan video games memutuskan untuk membuat sesuatu yang berbeda”. Kata ibunya Sangeetha, yang juga seorang IT profesional.

Prudent Games juga membuat aplikasi yang menunjukkan kepada anak – anak tentang bagaimana membuat password yang aman. Aplikasinya yang lain juga menjelaskan tentang dasar – dasar serangan Bruteforce yang digunakan untuk membobol sebuah password.

Ayahnya menceritakan bahwa saat usianya lima tahun, ia sudah menggunakan kata – kata seperti firewall sehingga membuatnya sangat terkejut.

“Saya sudah perkenalkan padanya Scratch saat usianya lima tahun, dan saat usianya menginjak enam tahun kami sudah mengajarkannya dunia pemrograman nyata dan konsep – konsep kemanan”. Kata ayahnya Ruben, Mano Paul.

Dalam menjalani kehidupan sehari – hari, Ruben tidak selalu berkutat pada hacking dan pengembangan aplikasi. Ia juga menjalani kehidupan anak – anak seperti pada umumnya seperti bermain dengan teman – temannya, senam, berenang dan belajar Kung Fu.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga