Index Labels

Home » Sains» Mari Kita Mengenal Virus Beserta Kehidupannya

Mari Kita Mengenal Virus Beserta Kehidupannya

.
Mari Kita Mengenal Virus Beserta Kehidupannya ~ Virus adalah salah satu jenis makluk hidup yang sangat kecil, bahkan tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Panjang dari virus sangat kecil dan halus yaitu antara 25-300 nm (1 nm sama dengan  1 nm = 10-9 m, jadi ukurannya super kecil). Virus dengan ukuran terkecil adalah virus polio (virus polio).

Virus ini tidak dalam bentuk sel (aselular) melainkan dalam bentuk partikel, yang disebut virion. Virion dapat mengkristal sehingga menunjukkan karakteristik mineral dari karakteristik kehidupan. Oleh karena itu, kebanyakan ilmuwan menganggap virus biologis bukanlah makhluk hidup.

Namun, beberapa ilmuan biologi lainnya menganggap bahwa virus adalah makhluk hidup. Karena itu menunjukkan karakteristik kehidupan, yaitu reproduksi, meskipun hanya bisa dilakukan di dalam sel-sel dari organisme lain. Organisme sel yang digunakan sebagai tempat perkembangbiakan virus disebut dengan sel inang hidup.


Sebenarnya tidak semua virus berbahaya, ada juga virus yang dapat bermanfaat bagi manusia, virus dapat berperan penting dalam bidang rekayasa genetika karena ia dapat digunakan untuk kloningan gen, sebagai contoh adalah virus yang membawa gen untuk mengendalikan pertumbuhan serangga. Virus juga digunakan untuk terapi gen manusia sehingga diharapkan penyakit genetis, seperti diabetes dan kanker dapat disembuhkan.

Berikut adalah virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada diri manusia :

  • Virus influenza, penyebab influenza (flu). Virus ini menyerang sel-sel dari saluran pernapasan bagian atas. Gejala penyakit ini adalah demam, pilek, sakit kepala, nyeri otot, dan batuk.
  • Human immunodeficiency virus (HIV) yang menyebabkan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) adalah mematikan. Virus ini menyerah sel darah putih jenis limfosit B. Gejala penyakit adalah kombinasi dari beberapa jenis gejala penyakit akibat menurunnya kekebalan.
  • Delta hepatitis virus, penyebab hepatitis B. Virus menyerang sel-sel hati, menyebabkan gejala perut kembung dan tubuh pasien berwarna kuning.
  • Virus Ebola, penyebab penyakit ebola yang mematikan. Virus ini menyerang sel-sel pertahanan tubuh. Ebola gejala penyakit adalah demam disertai dengan pendarahan.
Itulah beberapa penjelasan mengenai vrus, semoga bermanfaat bagi kita semua dan tetap mencari informasi sebanyak mungkin, terimakasih.

Editor: Syafaatfm

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga