Index Labels

Home » Pengetahuan Umum» Sejarah» Rangkuman Materi SMA Tentang Masa Orde Baru

Rangkuman Materi SMA Tentang Masa Orde Baru

.
Rangkuman Materi SMA Tentang Masa Orde Baru ~ Orde baru adalah suatu masa dimana kita akan diarahkan kembali kepada tekad untuk mengabdi pada kepentingan rakyat dan nasional dengan dilandasi jiwa dan semangat Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945.

Masa Orde Baru


Pada masa pemerintahan orde baru diawali dengan ada demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa di depan gedung DPR-GR, tujuan utamanya adalah agar dibubarkannya organisasi PKI yang mana dianggap menjadi teror tersendiri bagi bangsa Indonesia, disamping itu juga untuk menurunkan harga barang pokok dan pembersihan kabinet Dwikora yang didalamnya terlibat kasus korupsi dan PKI.

Masa orde baru erat kaitannya dengan masa pemerintahan Soeharto, yang dimana pada tanggal 11 maret 1966 ia mendapat surat perintah langsung dari presiden Soekarno untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara yang pada saat itu lagi kacau.

Setelah G30S / PKI, Republik Indonesia dilanda instabilitas politik sebagai akibat dari tidak secara khusus berkuasa keputusan yang diambil dalam perstiwa itu dengan kepemimpinan Presiden Soekarno dan berbagai partai politik dibagi menjadi kelompok-kelompok yang saling bersiteru antara Pro terhadap presiden dan terhadap kebijakan presiden atau yang mendukung presiden dan terhadap presiden, situasi ini semkian membahayakan persatuan bangsa Indonesia.

Pada dasarnya, pemerintahan orde baru merupakan tatanan yang ada dalam kehidupan rakyat indonesia ,bangsa dan negara yang diletakkan sebagai mana mestinya dalam ideologi negara yaitu Pancasila dan kembali mengacu kepada UUD 1945 untuk perbaikan-perbaikan terhadap penyelewengan-penyelewengan yang telah terjadi pada masa lampau dan membangun kembali kekuatan bangsa indonesia dengan membangkitkan dan menumbuhkannya kembali, mempercepat pembangunan-pembangunan bangsa indonesia, serta mengembalikan bangsa indonesia ke jalan yang lurus dengan tuntunan yang dikenal sebagai Tri Tuntutan rakyat (Tritura).

Tri Tuntutan Rakyat (Tritura). Pada hakikatnya tuntutan itu mengungkapkan Keinginan keinginan rakyat yang mendalam untuk dapat melaksanakan kehidupan bernegara sesuai dengan aspirasi kehidupan dalam situasi yang kongkret.

Itulah sedikit ringkasan dan sejarah mengenai perkembangan pada masa orde baru yang dimana tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan konstitusi kita ke pancasila dan UUD 1945.

Editor: Syafaatfm
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga