Index Labels

Home » Teknologi» 10 Film Populer Paling Banyak Dibajak di Tahun 2015

10 Film Populer Paling Banyak Dibajak di Tahun 2015

. . No comments:
Selain merugikan bagi pembuat aslinya, mencuri atau menggunakan karya seni berhak cipta milik orang lain untuk dikonsumsi atau tujuan menguntungkan diri sendiri tanpa izin merupakan tindakan ilegal yang bisa dikenakan sanksi  pidana berupa hukuman penjara atau denda sejumlah  uang dengan nilai nominal yang tidak sedikit. Terlebih jika konten yang dibajak tersebut berupa film atau karya seni digital lain, yang rawan sekali dengan aksi pembajakan.
Logo Anti Pembajakan FBI
Simbol peringatan Anti Pembajakan FBI (Foto: wikimedia.org)
Mudahnya akses internet saat ini, membuat sebagian orang (yang tidak bertanggung jawab) merasa lebih bebas dan leluasa untuk menjual ulang atau membagikan konten – konten hasil bajakan demi sebuah keuntungan pribadi. Pembajakan film misalnya, mereka bisa membagikan link download melalui situs web atau membuka jasa download film tertentu yang dihargai sekian per film. Meski sudah ada larangan secara hukum atau dibentuk polisi Cybercrime (polisi dunia maya), luasnya jagad maya dan rumitnya proses identifikasi membuat kasus – kasus pembajakan secara online masih terus terjadi sampai kini.

Dalam daftar top 10 film paling banyak dibajak tahun 2015, Interstellar menduduki peringkat paling atas dengan lebih dari 46.700.000 kali download. Kemudian disusul oleh film Furious 7 dan Avengers: Age of Ultron dengan lebih dari 44.700.0000 kali download dalam kurun waktu setahun terakhir ini.

Popularitas Interstellar yang melejit menyebabkan film tersebut paling banyak dibajak di tahun 2015. Namun, ada faktor lain yang menyebabkan film ini banyak didownload secara ilegal. Faktor – faktor tersebut adalah seiring meningkatnya kecepatan koneksi internet di negara – negara berkembang seperti Brasil dan mudahnya sistem berbagi file secara online dibanding tahun – tahun sebelumnya.

Melihat kenyataan di lapangan, aksi pembajakan lewat internet nampaknya masih belum bisa dibrantas sampai entah berapa tahun ke depan. Hal itu akan terus ada dalam bentuk platform film online, grup torrent, berbagi file (file Sharing) dan bentuk – bentuk lainnya. Berikut 10 film populer paling banyak dibajak sepanjang tahun 2015:

PeringkatNama~ Download (juta kali)
1Interstellar46.7
2Furious 744.7
3Avengers: Age of Ultron41.5
4Jurassic world36.8
5Mad Max: Fury road36.4
6American Sniper33.9
7Fifty shades of Grey32.1
8The Hobbit: Battle Of The Five Armys31.5
9Terminator: Genisys31.0
10The Secret Service30.9

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.