Index Labels

Home » Sains» Orang Kreatif Punya 11 Ciri Ini, Apa Anda Termasuk?

Orang Kreatif Punya 11 Ciri Ini, Apa Anda Termasuk?

.
Orang kreatif adalah orang yang diperlukan dalam banyak bidang pekerjaan. Mereka seringkali dipercaya untuk membuat inovasi dan gebrakan baru oleh suatu perusahaan. Namun sadarkah anda bahwa orang kreatif memiliki cara berfikir yang berbeda, bahkan lebih ke arah ‘aneh’. Mereka memiliki pikiran yang tidak bisa dipahami oleh orang biasa. Mereka adalah orang yang berjalan pada dunia mereka sendiri yang jika dilihat dari luar mereka adlah orang yang sedikit gila, berantakan, dan sangat tidak jelas. Tapi merekalah orang-orang yang membuat ide-ide besar yang mengagumkan. Dan berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari orang dengan pikiran kreatif,
Ilustrasi: Orang kreatif (Foto: yb2csystem.com)
1. Sangat sulit untuk konsisiten pada tugas
Orang kreatif adalah jenis orang yang cepat bosan jika berada pada situasi yang cenderung monoton, mereka selalu menginginkan sesuatu yang baru, yang membuat mereka merasa tertantang.  Mereka adalah para petualang sejati, baik di dalam diri mereka ataupun di dunia luar. Mereka juga orang yang tidak tepat waktu, dan juga tidak bisa akurat dalam pekerjaan mereka.

2. Mereka berada diantara sukacita dan depresi
Orang kreatif memiliki perasaan yang cukup dalam, mereka memilki waktu untuk merenung bahkan melamun, mereka juga memiliki sedikit keanehan pada mental mereka, banyak penelitian Neuroscience membuktikan bahwa ada persamaan antar orang yang menderita scizofrenia, bipolar dan psikosis dengan orang kreatif. Orang kreatif mengalami lonjakan emosi yang terkadang membawanya pada depresi dan euforia pada saat yang lain.

3. Mereka suka dengan keindahan
Keindahan adalah hal yang sangat mengagumkan bagi orang kreatif, mereka senang dikelilingi oleh keindahan. Namun hal yang biasa menurut orang awam adalah keindahan bagi orang kreatif, mereka terlalu mudah menemukan keindahan walau pada hal-hal yang dianggap biasa, seperti keharmonisan politik, atau keindahan ide.

4. Mereka butuh waktu untuk merenung bahkan melamun
Mereka adalah orang yang memiliki proses penting dalam diri mereka, mereka butuh waktu tenang dengan menyendiri  dan akhirnya menemukan inspirasi mereka. Mereka juga sangat menikmati lamunan mereka, meskipun terlihat sepele, mereka tahu kekuatan pikiran pada saat mereka melamun, dan mereka menikmatinya sebisa  mungkin.

5. Mereka lebih suka mengikuti passion mereka
Pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion seorang kreatif akan sangat mengganggu. Mereka lebih suka mengikuti apa yang menjadi tujuan mereka, uang dan jabatan bukanlah hal yang sepenuhnya penting bagi seorang kreatif.

6. Mereka suka mengamati orang-orang
Orang kreatif adalah pengamat yang handal, mereka suka mengamati bahkan segala hal termasuk orang-orang disekitar mereka, dunia nyata tak kalah menarik, karena rasa ingin tahu yang tinggi dan pada akhirnya juga ikut berkontribusi dalam proses kreatif mereka.

7. Sulit bagi mereka untuk percaya pada diri mereka sendiri
Mereka suka mengukur pekerjaan mereka, membandingkannya dengan pekerjaan orang lain dan merasa bahwa mereka tidak cukup brilian untuk suatu pekerjaan tertentu, atau bahkan mereka ingin memukul diri mereka sendiri setelah mereka melihat kembali hasil kerja mereka.

8. Mereka bekerja pada jam-jam yang tidak wajar
orang kreatif cenderung bekerja pada jam-jam yang tidak wajar, mereka bekerja pada pagi yang masih gelap atau malam yang larut, jam-jam tersebut membuat mereka berfikir lebih cepat dan kreatif.

9. Mereka ‘tidak pernah dewasa’
Orang kreatif dipenuhi dengan pikiran tentang petualangan, dunia penuh misteri, dengan rasa heran yang menuntun mereka menuju hal-hal yang baru, mereka juga orang yang hanya berfikir tentang perkembangan muda. Mereka tidak suka kemepanan atau aturan, mereka tidak bisa berpikir untuk hidup mapan dan pekerjaan dengan gaji besar, karena mereka terlalu sibuk dengan apa yang menjadi gairah hidup mereka.

10. Mereka memerlukan media tulis kemanapun mereka pergi
Inspirasi seorang kreatif bisa datang kapanpun, sehingga mereka membawa buku catatan, notebook atau kertas untuk menulis ide-ide yang datang pada saat yang tidak terduga.

11. Mereka lebih handal jika bekerja sendiri
Mereka lebih suka untuk bekerja secara individu, mempertahankan proyek mereka meskipun banyak keberatan dan ejekan dari orang lain. Hal ini karena terkadang sulit bagi orang kreatif untuk diatur dan mengikuti perintah, karena mereka bisa menjadi orang yang ugal-ugalan, tidak konsisiten, arogan, terlalu memebantah dan tidak mudah ditebak.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga