Index Labels

Home » Hobi» Berkebun Dengan Cara Yang Unik Dan Menyenangkan

Berkebun Dengan Cara Yang Unik Dan Menyenangkan

.
BERKEBUN DENGAN CARA YANG UNIK DAN MENYENANGKAN

Apakah anda termasuk orang dengan hobi berkebun?  Tapi bukan berarti anda harus memiliki sebidang tanah atau pekarangan kecil di belakang  rumah anda. Berkebun bisa anda lakukan dengan tanah sempit bahkan jika anda tidak memiliki pekarangan sekalipun. Anda bissa menaruh beberapa pot berisi sayuran organik atau bunga kesukaan anda bahkan di balkon apartemen anda. Selain tidak memerlukan lahan yang banyak berkebun tidak harus dengan bajet yang cukup untuk membeli beberapa pot tempat tanaman anda.

Berkebun bisa anda lakukan dengan keterbatasan tanah yang ada dan memanfaatkan beberapa barang bekas yang di kreasikan sendiri. Berikut adalah cara-cara yang bisa anda coba:

1. Berkebun di balkon apartemen

Jika anda termasuk kaum urban dengan tempat tinggal di apartemen dan balkon di depannya. Cobalah untuk memanfaatkan beberapa ruang dibalkon anda, mengisinya dengan beberapa tanaman kesukaan atau dengan tanaman organik yang kini telah menjadi tren gaya hidup. Anda bisa memetik sayuran organik anda sewaktu-waktu dan memasaknya dalam keadaan yang segar.



2.  Memanfaatkan botol bekas

Seperti yang kita tahu bahwa sampah botol termasuk sampah plastik yang menyumbang jumlah cukup banyak dalam pembuangan masyarakat kita. Dengan memanfaatkan botol bekas kita juga ikut mendukung pengurangan sampah plastik yang juga menjadi penyebab pemanasan global. Selain botol plastik anda juga bisa menggunakan botol beling yang biasanya diisi dengan media tanam air.


3. Berkebun di dinding ( vertical garden)

Jika anda tidak memiliki balkon dan juga tanah  yang cukup anda bisa berkebun dengan menggantungkan kantong polyester di dinding anda dan mengisinya dengan tanaman. Bukan hanya kantong polyester, anda juga bisa menggunakan wadah lain seperti kaleng bekas dan botol bekas yang dipercantik. Selain karena keterbatasan lahan anda juga bisa memanfaatkan cara ini untuk mempersejuk ruangan dirumah anda.


4. Memanfaatkan pipa paralon

Pipa paralon bekas bisa menjadi alternatif lain untuk anda. Anda bisa memanfaatkan pipa paralon secara vertikal ataupun horizintal. Selain dengan menggunakan media tanam tanah anda juga bisa mengisi pipa paralon anda dengan media tanam air atau hidroponik. Pipa bisa anda letakkan di dinding atau menggantungnya.


5. Menggunakan media tanam alternatif

Selain menggunakan media tanam banyak media tanam lainnya yang bisa anda manfaatkan. Selain media tanam air yang sudah terkenal sebagai hidroponik anda juga bisa memanfaatkan media tanam lainnya yaitu arang, sabut kelapa, batang pakis, sekam padi, kerikil, styrofoam,spons, dan masih banyak lagi. Asalkan selain pemilihan media tanah anda tetap memperhatikan asupan nutrisi pada tanaman anda



Silahkan berkebun dengan pilihan cara yang anda sukai. Dengan berkebun setidaknya kita menambahkan sedikit ruang hijau yang sekarang mulai menyempit apalagi untuk anda yang tinggal di perkotaan. Anda akan mendapatkan asupan oksigen yang baik walaupun anda tinggal di daerah dengan polusi udara yang tinggi. Selain itu anda bisa memakan sayuran organik sehat yang bisa anda petik sendiri.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga