Index Labels

Home » Hobi» Cara Membuat Rak Dinding Tempat Gelas dan Piring dari Kayu

Cara Membuat Rak Dinding Tempat Gelas dan Piring dari Kayu

.
Rak dinding tempat gelas dan piring
Rak dinding tempat gelas dan piring
Bila kalian merasa haus, pasti kalian memerlukan gelas un­tuk minum. Begitu juga bila lapar, kalian memeriukan piring untuk makan. Gelas dan piring ini biasanya berada dalam rak. Rak ini ada yang terbuat dari kayu dan besi. Namun bisa pula dibuat dari tripleks. Lihat saja pola rak dinding yang sederhana ini.
Pola dan ukuran tripleks rak dinding
Pola dan ukuran tripleks rak dinding
Pola rak dinding
  1. Pola 1 ini dibuat sebuah saja.
  2. Untuk pola 2 ini dibuat sebanyak dua buah. Satu untuk sisi kiri dan lainnya untuk sisi kanan dengan ukuran 50 cm x 60 cm. Ingat, bagian kiri atas dibuang sedikit pada kedua pola ini.
  3. Buatlah pola 3 ini sebanyak tiga buah. Pertama untuk tempat gelas, kedua untuk meletakkan piring, dan terakhir untuk bagian depannya.
  4. Pola 4 dibuat empat buah banyaknya. Dua buah untuk penyangga tempat gelas. Dua lainnya sebagai penyangga tempat piringnya.
Cara membuat rak dinding

Pola 1 sampai 4 diampelas semua sisinya lalu dicat dan di¬jemur. Kemudian sediakanlah paku, palu, obeng, sekerup, kawat, dan tang. Jika pola 2 sudah kering, rekat dan pakukan dua buah penyarigganya (pola no. 4). Yang satu letaknya tepat pada dasar dan yang lainnya 20 cm dari atas pola 2. Pekerjaan yang serupa, dilakukan pula pada pola 2 yang satu lagi.

Rekat dan pakulah dua buah pola 3 (tempat gelas dan pi¬ring) pada pola 1 membentuk sudut 90°. Letaknya sekitar 2 cm dari bawah dan 18 cm dari atas pola 1. Lalu rekat dan pakulah kedua pola 2 pada samping kiri dan kanan. (Ingat! Letak penyangganya harus ke dalam). Kemudian rekat dan paku pola 3 pada tepi bawah pola 2, jadi berhadap-hadapan dengan pola 1. Terakhir pakulah kawat yang menghubungkan kedua sisi atas pola 2 ( ± 6 cm dari penyangganya). Nah, pasanglah sekerup-sekerup rak pada dinding yang diinginkan.
Membuat rak dinding dari kayu tripleks
Tanda panah adalah bagian yang harus direkat dan dipaku

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga