Index Labels

Home » Kesehatan» Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Mudah

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Mudah

.
Cara Menghilangkan Bau Mulut ~ Bau mulut merupakan suatu hal yang lumrah terjadi jika kita tidak bisa menjaga kebersihan diri dan mulut secara teratur. Misalnya dalam sehari kita dianjurkan untuk menggosok gigi minimal tiga kali, yaitu antara pagi, siang  dan sore, tergantung dari kondisi dan aktifitas yang dilakukan.

Cara Menghilangkan Bau Mulut
Bau mulut yang tidak sedap
Bau mulut yang tidak sedap tentu saja akan membuat yang bersangkutan menjadi kurang percaya diri, saat melakukan percakapan dengan orang lain, terlebih dengan pacar atau orang  yang sangat dicintai. Akibatnya pembicaraan menjadi terasa kaku karena menahan rasa malu, khawatir bau mulut yang dialaminya dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan bagi orang yang berada di hadapannya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam mengatasi bau mulut secara mudah :

Rajin Menyikat Gigi

Bagaimana cara mengatasi bau mulut, tentu saja yang pertama adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Disarankan menyikat gigi minimal tiga kali sehari. Dengan menyikat gigi, bakteri bakteri penyebab bau tidak sedap di mulut akan hilang juga. Setelah kita menyikat gigi, selain terasa lebih segar, mulut juga akan memproduksi air liur yang dapat berfungsi sebagai enzim untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Namun, ingat! Jangan terlalu sering menyikat gigi karena terlalu keseringan juga tidak baik. Selain berpotensi membuat gusi menjadi lecet (sariawan), keseringan menyikat gigi juga dapat meminimalkan produksi air liur dalam mulut. Jadi, Anda hanya perlu rutin dan disiplin menggosok gigi dengan benar.

Berkumur dengan Garam

Berkumur dengan garam adalah salah satu cara untuk mengatasi bau mulut. Kadang-kadang, menyikat gigi saja tidak cukup. Ketika anda membilasnya dengan air biasa saja, kuman yang menyebabkan bau mulut terkadang masih tersisa. Solusinya, Anda bisa berkumur dengan air garam. Anda hanya perlu berkumur dengan air garam setelah menyikat gigi.

Makan Buah-buahan yang Segar

Mengonsumsi buah - buahan segar dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Bau mulut mungkin timbul karena kurangnya produksi air liur. Ketika produksi air liur tidak cukup, perlahan - lahan kuman yang menyebabkan bau mulut akan mengisi ruang mulut Anda. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan buah sebagai penangkalnya. Buah-buahan mengandung vitamin C, yang dapat memicu produktivitas air liur dalam mulut. Buah yang harus anda pilih adalah jenis buah yang banyak mengandung air, seperti, jeruk, apel, pir, dan banyak lagi.

Editor: Syafaatfm
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga